Implementing outlining strategy to improve students' ability in hortatory writing in SMA Negeri 1 Giri, Banyuwangi / Fuad Fajar Romadhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing outlining strategy to improve students' ability in hortatory writing in SMA Negeri 1 Giri, Banyuwangi / Fuad Fajar Romadhon

Romadhon, Fuad Fajar (2014) Implementing outlining strategy to improve students' ability in hortatory writing in SMA Negeri 1 Giri, Banyuwangi / Fuad Fajar Romadhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romadhon Fuad Fajar. 2014. Implementing Outlining Strategy to Improve Students Ability in Hortatory Writing in SMA Negeri 1 Giri. Sarjana Thesis Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs Murdibjono M.A. Kata Kunci Menulis Teks Hortatory Membuat Outline Kemampuan Menulis Siswa 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisa dari penelitian awal dapat di ketahui bahwa murid dari kelas XI IPAVI memiliki kesulitan dalam menulis teks hortatory. Mereka tidak membuat rencana dan kegiatan dalam menulis dan hanya terfokus pada hasil akhir sebuah tulisan semua itu hanya membuat tulisan mereka tidak beraturan dan kurang baik. Penerapan metode yang monoton dalam pengajaran menulis bahasa Inggris menyebabkan siswa berpikir bahwa tugas menulis dalam bahasa inggris sebagai sebuah beban. Banyak guru bahasa Inggris hanya tertuju dan menilai hasil jadi tulisan bahasa Inggris sisswa hal ini membuat siswa hanya meng-copy contoh tulisan yang di berikan oleh guru tanpa melalui sebuah proses penulisan yang benar dan hakikat dalam menulis. Hal-hal seperti di atas mendorong penulis untuk mengusulkan penerapan suatu metode yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dari sekian banyak metode yang ada penulis memilih penerapan strategy outlining di fase perancangan karya tulis siswa yang di tujukan untuk mengatasi masalah diatas dan membantu siswa meningkatkan kompetensi mereka dalam menulis. Hal ini memunculkan pertanyaan riset bagaimana caranya outlining strategy mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis hortatory teks di SMAN 1 Giri Banyuwangi 12288 12288 12288 12288 12288 Pada penulisan ini model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Ada empat tahapan di dalam riset ini perencenaan penerapan pengamatan dan refleksi dari semua tahapan. Subjek dari riset ini adalah siswa kelas XII IPA VI SMAN 1 Giri pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. SMAN 1 Giri di pilih di karenakan penulis merupakan alumni dari SMA ini. Disamping itu sekolah ini merupakan salah satu SMA favorit di Banyuwangi yang sering mengikuti dan memenangkan berbagai kompetisi akademis. Ada beberapa tahapan yang ada di dalam penerepan outlining strategy. Pertama pengenalan strategi ini terhadap siswa kedua pendampingan dari guru dalam sesi brainstorming terhadap topic yang di pilih siswa ketiga penulisan outline hasil dari sesi brainstorming ke empat revisi draft outline dan kemudian penulisan draft akhir. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan outline sukses dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan dari penemuan tersebut penulis menyarankan penerapan outlining strategy oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran menulis di karenakan karna kemudahanya untuk dilaksanakan dan efeknya yang cukup baik. Metode ini juga bisa di terapkan dalam pengajaran teks menulis yang lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244955

Actions (login required)

View Item View Item