The teaching of vocabulary at the seventh grade of SMPN 3 Malang / Sherly Nurdini Agustin Haryono - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of vocabulary at the seventh grade of SMPN 3 Malang / Sherly Nurdini Agustin Haryono

Haryono, Sherly Nurdini Agustin (2014) The teaching of vocabulary at the seventh grade of SMPN 3 Malang / Sherly Nurdini Agustin Haryono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haryono Sherly Nurdini Agustin. 2014. The Teaching of Vocabulary at the Seventh Grade of SMPN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci pengajaran kosakata siswa SMP kelas tujuh Prestasi siswa dalam ujian nasional bahasa inggris belum memuaskan. Ujian nasional bahasa inggris pada dasarnya adalah ujian membaca jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman membaca siswa masih rendah. Karena pemahaman membaca memerlukan penguasaan kosakata guru harus mengajarkan kosakata yang diperlukan untuk menguasai empat ketrampilan termasuk membaca. Pengajaran kosakata bahasa inggris sebagai bahasa asing untuk siswa pemula sangat penting untuk menguasai ketrampilan bahasa. Siswa SMP dapat dikatakan sebagai siswa pemula. SMPN 3 Malang adalah salah satu sekolah favorit di Malang yang mempunyai prestasi baik dalam ujian nasional sehingga itu dapat disimpulkan bahwa prestasi kosakata mereka juga baik karena prestasi membaca berkaitan erat dengan prestasi kosakata. Oleh karena itu hal ini dapat diasumsikan bahwa pengajaran kosakata di SMPN 3 Malang adalah baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengajaran kosakata siswa kelas tujuh di SMPN 3 Malang. Penelitian ini terfokus pada pendeskripsian materi strategi atau teknik dan media alokasi waktu dan penilaian yang digunakan untuk mengajar kosakata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Peneliti adalah sebagai instrumen utama. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan guru dan memberikan angket ke siswa. Tidak ada observasi kelas selama pengumpulan data karena ada mahasiswa dari universitas lain yang sedang praktek mengajar. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memilih materi yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari siswa dalam mengajar kosakata. Guru mengajarkan content words dan grammatical words yang berkaitan dengan tema. Guru menggunakan berbagai macam strategi dalam mengajar yaitu bermain games teka-teki silang menggunakan lagu video film gambar objek nyata teknik klasifikasi dan teknik dialog. Siswa paling suka bermain games dari berbagai macam strategi tersebut. Media yang digunakan juga bervariasi. Media tersebut adalah LCD laptop pengeras suara papan tulis bahan materi cetak dan lembar kerja siswa. Dalam hal waktu daripada mengalokasikan waktu khusus untuk mengajar kosakata guru mengajar kosakata yang digabungkan dengan keterampilan yang lain. Guru menilai pembelajaran kosakata siswa dengan menggunakan ujian tertulis dan ujian penampilan. Pengajaran tersebut dapat dikatakan sangat baik secara umum karena guru menggunakan berbagai macam strategi dan media dalam mengajar kosakata. Berdasarkan hasil temuan guru bahasa inggris di SMPN 3 Malang disarankan untuk mengalokasikan waktu dan kegiatan khusus dalam mengajar vocabulary. Guru bahasa inggris lainnya disarankan mengajar kosakata secara khusus karena kosakata sangat penting. Peneliti lainnya disarankan untuk melakukan observasi kelas sebagai salah satu pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244954

Actions (login required)

View Item View Item