A study of an English club as an extracurricular program at SMPN 21 Malang / Hany Kaharani Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

A study of an English club as an extracurricular program at SMPN 21 Malang / Hany Kaharani Purwaningtyas

Purwaningtyas, Hany Kaharani (2014) A study of an English club as an extracurricular program at SMPN 21 Malang / Hany Kaharani Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwaningtyas Hany Kaharani. 2014. A Study of an English Club as an Extracurricular Program at SMPN 21 Malang. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Nunung Suryati M. Ed. Ph.D. Kata Kunci English Club Program Ekstrakurikuler Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan English Club di SMPN 21 Malang dalam hal tujuan pelaksanaan English Club program yang dimiliki fasilitas media materi technique mengajar pendapat siswa mengenai kelebihan dan kekurangan usaha sekolah untuk meningkatkan mutu English Club dan pendapat guru Bahasa Inggris tentang English Club tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dekriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 7C dan tentornya. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu protokol interview catatan lapangan dan kuesioner. Lalu data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data penyajian data dan kesimpulan data. Tujuan dari pelaksanaan English Club di SMPN 21 Malang adalah untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa khususnya keterampilan berbicara. Program yang dimiliki adalah seperti memberikan pelajaran tambahan untuk siswa dimana siswa belajar tentang membaca menulis mendengarkan dan berbicara Bahasa Inggris. English Club ini menggunakan materi dari buku teks yang tersedia. Tentor sering menggunakan media pembelajaran dalam bentuk games dan film. Semua fasilitas dipersiapkan sekolah dalam bentuk ruang kelas ruang kantor LCD proyektor sound system michrophone dan peralatan kelas lainya. Tentor di klub ini dipersilahkan menggunakan teknik mengajar yang berbeda satu sama lain. Intruktur kelas 7C biasanya menerapkan game menonton film dan diskusi dan menjelaskan materi menggunakan Three Phase Technique. 12288 12288 12288 12288 Menurut siswa kelebihan dari klub ini adalah tentang teknik tentor dalam mengajar materi yang berkualitas dan kelengkapan fasilitas. Lalu kelemahan dari klub ini adalah tentang buku teks yang tidak berwarna dan waktu pelaksanaan pada 13.45. Hal ini dikarenakan pada jam tersebut siswa merasa sangat lelah setelah melaksanakan aktifitas sejak pagi. Untuk meningkatkan English Club sekolah melakukan evaluasi dengan mengevaluasi ulang program yang telah diterapkan setiap tahun. Menurut guru Bahasa Inggris tidak ada dampak negatif jika siswa-siswa bergabung kedalam English club. Secara pasti hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang Bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan pelaksanaan English Club di SMPN 21 Malang klub seharusnya mendorong para tentor untuk menjadi kreatif dengan menyediakan lebih banyak materi speaking media dan fasilias yang mencukupi. Pejabat sekolah yang berwenang harus benar-benar mengevaluasi program yang ditawarkan institusi . Hal ini untuk menghindari melesetnya target diterapkannya English club pada awalnya. Guru Bahasa Inggris seharusnya mengenali siswa yang megikuti English Club saat di kelas regular. Untuk peneliti selanjutnya mereka seharusnya menganalisis kefektifan dari English Club.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244951

Actions (login required)

View Item View Item