Improving writing skill of 7th grade of Junior High School students by enriching vocabulary mastery using word mapping strategy in descriptive text / Javas Afrizal Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving writing skill of 7th grade of Junior High School students by enriching vocabulary mastery using word mapping strategy in descriptive text / Javas Afrizal Pratama

Pratama, Javas Afrizal (2014) Improving writing skill of 7th grade of Junior High School students by enriching vocabulary mastery using word mapping strategy in descriptive text / Javas Afrizal Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama J.A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa SMP Kelas 7 Melalui Memperkaya Kosakata Menggunakan Strategi Word Mapping dalam Teks Deksriptif. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata kunci kosakata strategi word mapping langkah-langkah word mapping kemampuan menulis Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa siswa kelas 7.4 di SMPN 21 Malang memiliki beberapa masalah dalam perbendaharaan kosakata bahasa Inggris. Masalah yang mereka alami seperti (1) kurangnya motivasi dalam mengembangkan kemampuan menulis mereka (2) sulit untuk memahami dan mengingat suatu kata (3) sebagian besar siswa menyukai bahasa Inggris bergantung pada bagaimana cara guru mereka mengajar dan (4) siswa merasa bosan selama proses belajar mengajar. Maka dari itu peneliti mengadakan suatu penelitian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Peneliti mengajukan strategi Word Mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 7 SMP dengan cara memperkaya kosakata. Langkah-langkah dalam proses word mapping langkah pertama adalah memberikan lembar kerja word mapping pada siswa langkah kedua adalah memberikan instruksi bagaimana cara penggunaan lembar kerja word mapping langkah ketiga adalah menemukan kata-kata sulit langkah keempat adalah menggunakan kamus untuk menemukan sinonim antonym dan definisi dari kata-kata sulit tersebut langkah kelima adalah menggambar sebuah gambar yang mencerminkan kata-kata sulit tersebut dan langkah yang terakhir adalah menyelesaikan lembar kerja word mapping. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tingkatan yaitu (1) perencanaan (2) penerapan (3) observasi dan(4) refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 7.4 di SMPN 21 Malang pada semester kedua tahun akademik 2013/2014. Jumlah siswa di kelas VII.4 ada 37. Peneliti menggunakan tiga instrument yaitu vocabulary-writing test questionnaire dan catatan lapangan.Guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas ini menemani peneliti memberikan revisi mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran dan saran mengenai penerapan strategi Word Mapping di dalam kelas. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Word Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui menambah kosakata mereka. Hal itu dapat terlihat dari peningkatan nilai siswa pada awal penelitian dan setelah menggunakan strategi Word Mapping ada 34 Siswa (91%) dari 37 siswa dapat meningkatkan nilai mereka setidaknya 10 poin hanya 3 siswa (9%) tidak dapat meningkatkan nilainya setidaknya 10 poin. Maka dari itu siswa dapat mencapai criteria yang sudah dibuat oleh peneliti yaitu 85% siswa dapat meningkatkan nilainya 10 poin. Siswa terlihat menikmati dan antusias untuk melanjutkan meningkatkan kosakata mereka menggunakan strategi Word Mapping. Hal itu membuktikan bahwa strategi ini efektif untuk menyelesaikan masalah siswa dalam perbendaharaan kosakata. Berdasarkan temuan penelitian peneliti menghimbau guru bahasa Inggris untuk menggunkan strategi Word mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menambah kosakata siswa. Strategi ini menawarkan cara yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan kosakata siswa. Strategi ini juga efektif untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris khususnya tentang kosakata. Untuk memperkaya temuan penerapan strategi Word Mapping peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan beberapa instrumen atau cara lain penerapan strategi Word Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244950

Actions (login required)

View Item View Item