A study on the teaching of speaking as a local content to the eight grade students of SMP Negeri 1 Singosari / Marrisa Rizqil Haque - Repositori Universitas Negeri Malang

A study on the teaching of speaking as a local content to the eight grade students of SMP Negeri 1 Singosari / Marrisa Rizqil Haque

Haque, Marrisa Rizqil (2014) A study on the teaching of speaking as a local content to the eight grade students of SMP Negeri 1 Singosari / Marrisa Rizqil Haque. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haque M. R. 2014. Studi tentang Pengajaran Berbicara sebagai Muatan Lokal untuk Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Dra. Nunung Suryati M.Ed Ph.D. Kata kunci pengajaran berbicara muatan lokal siswa kelas 8 Dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa terutama dalam keterampilan berbicara banyak sekolah menyediakan program yang berfokus pada keterampilan berbicara . Hal ini dikarenakan untuk belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris siswa harus berlatih sesering mungkin dan untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai kebiasaan sehari-hari . Dengan demikian kelas untuk berlatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris seperti kelas berbicara adalah hal yang penting. Di kelas khusus berbicara guru dapat memastikan siswa untuk terbiasa dengan bahasa inggris melalui beberapa kegiatan. SMPN 1 Singosari mengadakan sebuah program yang disebut Kelas Berbicara . Program ini pertama kali disertakan dalam kurikulum tahun 2011 . Program ini adalah program wajib yang harus diikuti oleh para siswa. Program ini dilakukan selama waktu studi reguler. Prestasi siswa dari program ini juga bisa dilihat dalam buku rapor mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kelas berbicara delapan siswa kelas SMPN 1 Singosari dalam hal tujuan kelas berbicara materi di kelas berbicara teknik pengajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar di kelas berbicara media di kelas berbicara dan penilaian yang dilakukan oleh guru di kelas berbicara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Singosari yang terletak di Jl. Raya Singosari no.1 Kabupaten Malang. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan beberapa instrumen wawancara lembar observasi dan kuesioner . Data dikumpulkan dari bulan Maret sampai April 2014. Data dalam penelitian ini dianalisa secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Ditemukan bahwa tujuan dari kelas berbicara yaitu untuk melatih keterampilan berbicara siswa dan membebaskan siswa untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui bahasa Inggris secara spontan tanpa merasa takut membuat kesalahan. Dengan demikian situasi kelas dirancang tidak terlalu formal. Guru menggunakan three-phase technique dan kegiatan dalam pengajaran berbicara adalah bermain peran drama cerita diskusi dan presentasi. Materi dalam kegiatan diambil dari internet benda dalam kehidupan nyata di sekitar sekolah dan beberapa bahan yang diambil dari surat kabar dan majalah. Untuk media guru menggunakan LCD proyektor papan tulis laptop dan gambar. Dalam menilai keterampilan berbicara siswa guru menggabungkan penilaian langsung dan penilaian otentik. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan berdasarkan temuan dan diskusi untuk peningkatan kualitas pada pengajaran berbicara di SMP Negeri 1 Singosari. Pertama disarankan agar guru harus lebih aktif untuk mendorong siswa untuk berbicara terutama siswa yang tidak mau berbicara. Kedua meskipun kelas dirancang tidak terlalu formal daripada kelas reguler guru harus fokus pada pekerjaannya terutama saat murid mempresentasikan tugas mereka. Guru harus meminta siswa untuk mendengarkan presentasi dari teman mereka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244948

Actions (login required)

View Item View Item