Using the prcess approach to improve the ability of the eighth graders of SMPN 1 Pasuruan in writing recount texts / Akhmad Nafi Sayuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the prcess approach to improve the ability of the eighth graders of SMPN 1 Pasuruan in writing recount texts / Akhmad Nafi Sayuti

Sayuti, Akhmad Nafi (2014) Using the prcess approach to improve the ability of the eighth graders of SMPN 1 Pasuruan in writing recount texts / Akhmad Nafi Sayuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sayuti A.N. 2014. Using The Process Approach to Improve the Ability of the Eight Gradders of SMPN 1 Pasuruan in Writing Recount Text. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci process approach writing recount texts. 12288 12288 12288 12288 Dalam kelas-kelas EFL menulis merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasai oleh siswa SMP. Terlebih lagi dibandingkan dengan keterampilan bahasa yang lainnya menulis sering dianggap yang paling rumit dan sulit. Siswa pun harus menguasai keterampilan menulis dalam berbagai jenis teks salah satunya adalah teks recount. Untuk membantu siswa dalam menulis teks recount peneliti menggunakan process approach. Process approach memberikan kemudahan pada proses menulis serta produksi tulisan siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat langkah penelitian di antaranya perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas tiga pertemuan tatap muka. Ketiga pertemuan tersebut mencakup lima tahapan dalam process approach yaitu pre-writing drafting revising editing dan publishing. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas 8F SMPN 1 Pasuruan dalam tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan guru lembar observasi catatan lapangan dan rubrik penilaian untuk menilai hasil tulisan siswa. Kriteria kesuksesan dari penelitian ini yaitu 80% dari jumlah siswa mencapai standar ketuntasan minimal 80. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukkan bahwa process approach meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dalam studi pendahuluan hanya 3 siswa (14%) mampu mencapai SKM. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa 14 siswa (64%) dapat mencapai nilai 80. Masalah yang muncul pada siklus pertama yaitu siswa membuttuhkan waktu lebih untuk menulis. Oleh karena itu siklus kedua diadakan dengan menambahkan alokasi waktu pada sesi drafting dan revising. Hasil siklus kedua kembali menunjukkan peningkatan dan hasilnya ada 19 siswa (86%) yang telah mencapai SKM. Strategi ini juga membuat suasana kelas dan kegiatan menulis lebih menyenangkan dan menantang sehingga siswa lebih percaya diri dalam menulis. Terlebih siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penemuan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan process approach dalam kelas menulis meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Oleh karena itu disarankan bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menggunakan process approach dalam mengajar menulis karena process approach telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Para guru juga dapat menggunakan process approach dalam upaya menjadikan suasana kelas lebih menyenangkan dan menantang. Disarankan pula kepada para peneliti selanjutnya untuk menggunakan process approach dengan kemampuan dan jenis teks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244945

Actions (login required)

View Item View Item