The teaching and learning English for the 4th graders of ICP at SD Laboratorium State University of Malang / Gita Insani Maryam - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching and learning English for the 4th graders of ICP at SD Laboratorium State University of Malang / Gita Insani Maryam

Maryam, Gita Insani (2014) The teaching and learning English for the 4th graders of ICP at SD Laboratorium State University of Malang / Gita Insani Maryam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maryam Gita Insani. 2014. Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas 4 di Sd Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Andi Muhtar M.A Key words Program kelas internasional Pengajaran bahasa Inggis 12288 12288 12288 12288 Pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak sudah menjadi topik menarik untuk diperbincangkan. Hal itu karena pelajan tersebut merupakan mata pelajaran muatan lokal yang disajikan hampir diseluruh sekolah dasar di Indonesia. Dalam undang-undang pendidikan Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa tiap-tiap tingkat pendidikan nasional harus pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelengarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan dan semua jenjang pendidik untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional. Hal tersebut menjadi sangat menarik untuk melakukan penelitian di sekolah bertaraf internasional seperti SD Lab UM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan pengajaran dan pembelajaran bahasa Ingris di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi guru dan sekolah. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus untuk memperoleh informasi lengkap terkait penelitian. Sumber data diambil dari siswa kelas 4 program internasional guru bahasa Inggris dan kepala tata usaha. Intrumen yang digunakan meliputi observasi catatan bidang wawancara dan kuisioner. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktifitas pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris dikelas bertaraf internasiional dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pebelajaran bahasa Inggris. Media ajar yang digunakan dapat memfasilitasi siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Guru bekerja dengan baik selama proses pengajaran berlangsung. Hal-hal tersebut membuat pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di SD Lab UM menjadi unik. 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran diharapkan dapat meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah bertaraf internasional. Saran pertama untuk guru agar mengaplikasikan berbagai activitas pengajaran yang dapat meningkatkkan partisipasi siswa dalam kelas. Guru juga harus lebih memperhatikan siswa yang kurang aktif dikelas. Saran berikutnya untuk pihak sekolah agar menambah banyak fasilitas untuk proses belajar. Akan lebih bail juga jika pihak sekolah mmemfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan khusus mengajar di kelas program internasional. Saran terakhir untuk peneliti selanjutnya agar meneliti kelayakan penggunaan modul yang dikembangkan guru dan penggunaan curikulum international Cambrigde untuk siswa sekolah dasar di Indonesia. Hal-hal tersebut penting untuk diteliti guna meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244942

Actions (login required)

View Item View Item