Using postcards to improve the writing skill of the eighth graders of SMPN 18 Malang / Af'idatul Husniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Using postcards to improve the writing skill of the eighth graders of SMPN 18 Malang / Af'idatul Husniyah

Husniyah, Af'idatul (2014) Using postcards to improve the writing skill of the eighth graders of SMPN 18 Malang / Af'idatul Husniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Husniyah Afidatul. 2014.Using Postcards to Improve The Writing Skill of The Eighth Graders of SMPN 18 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci menulis kartu pos kemampuan menulis teks recount Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dengan menggunakan media kartu pos yang menampilkan keseluruhan pemandangan suatu lokasi wisata lokal misalnya lokasi wisata di Malang dan daerah lain di Jawa Timur. Kartu pos diaplikasikan sebagai media menulis teks recount dengan menggunakan pendekatan proses yang digagas oleh Tompkins (2010). Strategi ini membutuhkan dua kali pertemuan untuk mengajar-kan materi teks recount pada siswa dan memberi waktu siswa dalam tahap pra-menulis membuat draft merevisi mengedit dan mempublikasikan tulisannya. Selama tahap pra-menulis siswa menggali ide dengan memakai clustering berdasarkan gambar yang ada pada kartu pos yang mereka peroleh. Selama tahap membuat draf siswa menuangkan ide mereka dalam bentuk kalimat. Selama tahap revisi mereka merevisi tulisan dalam segi isi dan organisasi kalimat berdasarkan masukan dari peneliti. Selanjutnya mereka mengedit hasil tulisan mereka dalam segi ejaan tanda baca dan kapitalisasi. Akhirnya siswa pun siap mempublikasikan tulisan mereka dalam tahap publikasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VIIIG di SMPN 18 Malang pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Ada 38 siswa yang diteliti dalam kelas tersebut. Kriteria sukses mencakup produk dan proses. Kriteria sukses pada produk dicapai bila 70% dari keseluruhan siswa mampu memperoleh skor minimal 75 sesuai dengan SKM. Kriteria sukses pada proses adalah adanya sikap dan masukan positif dari siswa setelah diimplementasikannya penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Untuk mencapai kriteria sukses penelitian ini dilangsungkan dalam dua siklus. Masalah-masalh yang ditemui dalam penelitian adalah siswa mudah bosan selama tahap konfirmasi dari peneliti alokasi waktu yang kurang beberapa siswa menyalin dan memodifikasi contoh teks dan siswa memperoleh nilai rendah pada grammar dan mekanik. Pada siklus 2 peneliti menggunakan permainan Who Wants to be A Millionaire untuk menarik perhatian siswa. Peneliti mengurangi alokasi waktu untuk menjelaskan material dan menggunakannya untuk praktik menulis siswa. Peneliti tidak lagi memperbolehkan siswa membawa handout yang berisi contoh teks untuk mencegah siswa menyalin dan memodifikasinya. Peneliti juga menjelaskan bagaimana menggunakan Past Tense tanda baca dan kapitali-sasi dengan benar. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu pos bisa meningkatkan kemampuan menulis siswa sebanyak 81% dari keseluruhan siswa mampu mencapai skor minimal 75 pada akhir siklus 2. Media ini juga membuat atmosfer kelas menyenangkan sehingga siswa lebih bersemangat dalam menulis. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kartu pos mampu meningkat-kan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Guru Bahasa Inggris diharap-kan mengadosi media ini untuk membantu siswa dalam menulis teks recount. Guru juga disarankan menggunakan pendekatan proses selama mengimplemen-tasikan kartu pos. Peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media ini dengan alokasi waktu yang lebih lama karena siswa membutuhkan banyak waktu untuk menggali ide dan menuang-kannya dalam bentuk kalimat. Selanjutnya peneliti lain juga disarankan untuk menggunakan kartu pos yang lebih bervariasi untuk memberikan lebih banyak pilihan pada siswa dalam menyusun tulisan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244940

Actions (login required)

View Item View Item