An evaluation study of English textbook "When English Rings the Bell" for SMP/MTs grade VII / Ahmad Fakhrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

An evaluation study of English textbook "When English Rings the Bell" for SMP/MTs grade VII / Ahmad Fakhrudin

Fakhrudin, Ahmad (2014) An evaluation study of English textbook "When English Rings the Bell" for SMP/MTs grade VII / Ahmad Fakhrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fakhrudin Ahmad.2014. An Evaluation Study of English Textbook When English Rings The Bell for SMP/MTs Grade VII. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Kata kunci evaluasi buku teks bahasa Inggris kriteria buku teks yang baik Kajian ini dilakukan untuk mengevaluasi buku teks bahasa Inggris yang berjudul When English Rings the Bell untuk SMP/MTs kelas VII yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk menganalisa beberapa aspek yaitu (1) kesesuaian materi terhadap Standar Isi yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2) katepatan materi keterampilan berbahasa (3) ketepatan materi unsur kebahasaan (4) ketepatan topik berdasarkan kriteria buku teks bahasa inggris dari para ahli. Evaluasi ini berusaha untuk mengevaluasi kualitas buku teks untuk mengetahui seberapa tingkat pencapaiannya terhadap kriteria buku teks yang baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dengan menggunakan evaluation form sebagai instrumen utama. Ada beberapa poin yang dipaparkan di bagian hasil dan pembahasan. Pertama materi pada buku teks sudah sesuai dengan Standar Isi yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Yang kedua pada katepatan materi kemampuan berbahasa buku teks ini telah mencakup empat kemampuan berbahsa dan materi buku cukup sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa. Selanjutnya sebagian besar materi kemampuan berbahasa disajikan dalam bentuk integrasi seperti kemampuan membaca dengan menulis kemampuan berbicara dengan menulis kemampuan berbicara dengan mendengarkan. Bagaimanapun pada bagian aspek materi kemampuan mendengarkan buku ini tidak memuat materi khusus praktik mendengarkan untuk meningkatkan kemapuan mendengarkan. Pada bagian keterampilan membaca materi pada buku teks ini berkenaan dengan kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar siswa tapi materi bacaan tersebut tidak memuat topik yang lebih menarik minat siswa seperti topic tentang olahraga musik movie atau topic terbaru saat ini sehingga materi bacaan kurang begitu menarik. Kemudian yang ketiga pada bagian ketepatan materi unsur kebahsaan materi pada buku teks ini sesuai untuk tingkat pemula. Buku ini mengintegrasikan materi tatabahasa dan kosa kata kedalam aktivitas kemampuan berbahasa namun pada aspek fonologi buku ini tidak memuat materi khusus yang memberikan kesempatan siswa untuk berlatih praktik pengucapan. Yang terakhir semua topik yang disajik sesuai dengan tingkat kemampuan siswa namun buku in tidak memuat topik yang up-to-date yang lebih dapat menarik minat siswa. Berdasarkan hasil kajian penulis menyarakan kepada guru bahasa Inggris kelas tujuh untuk menyediakan materi tambahan terutama untuk materi praktik mendengarkan juga memberikan teks bacaan lebih menarik dan menantang dan memberikan praktik terhadap latihan pengucapan. Selanjutnya untuk pengarang diharapkan untuk meningkatkan kualitas buku dengan mempertimbangkan bebrapa aspek kriteria buku teks bahasa Inggris yang baik seperti dalam hal kesesuaian materi terhadap Standar Isi yang dirumuskan oleh BSNP katepatan materi keterampilan berbahasa dan unsur kebahasaan ketepatan topik dan aspek lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244938

Actions (login required)

View Item View Item