Environment-based teaching of writing to the eleventh-graders at SMA Selamat Pagi Indonesia / Fransisca Angelina - Repositori Universitas Negeri Malang

Environment-based teaching of writing to the eleventh-graders at SMA Selamat Pagi Indonesia / Fransisca Angelina

Angelina, Fransisca (2014) Environment-based teaching of writing to the eleventh-graders at SMA Selamat Pagi Indonesia / Fransisca Angelina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Angelina Fransisca. 2014. Pengajaran Berbasis Alam dalam Menulis kepada Murid Kelas Sebelas di SMA Selamat Pagi Indonesia. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci pengajaran berbasis alam mengajar menulis. Kemampuan menulis adalah salah satu kemampuan yang saat ini terbilang penting terlebih bagi pembelajar. Terdapat permasalahan pembelajar dalam menulis yang perlu diperhatikan oleh guru saat ini yaitu pembelajar dapat berbicara baik dalam bahasa Inggris tetapi mendapat nilai yang kurang memuaskan dalam menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajar tidak cukup termotivasi baik dalam menulis dibandingkan berbicara dalam bahasa Inggris. Fakta ini tentu sangat disayangkan. Beberapa cara telah ditemukan dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah menggunakan pengajaran berbasis alam. Sebuah sekolah formal telah menerapkan konsep pengajaran berbasis alam dan terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar pembelajar dalam menulis dalam bahasa Inggris. Sekolah tersebut adalah SMA Selamat Pagi Indonesia berlokasi di Batu-Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan deskripsi lengkap mengenai bagaimana pengajaran berbasis alam diterapkan dalam kegiatan menulis di SMA Selamat Pagi termasuk juga materi dan aktivitas yang digunakan oleh guru. Serta mendeskripsikan mengenai efek pengajaran tersebut kepada motivasi menulis pembelajar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang didapat dikumpulkan melalui observasi kuisioner dan wawancara dengan guru dan pembelajar. Semua data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif melalui dua tahap yaitu interpretasi dan menyimpulkan. Berdasarkan analisis data terdapat tiga poin kesimpulan yang didapat. Pertama pelaksanaan pengajaran berbasis alam dalam kegiatan menulis telah diterapkan oleh sekolah dengan cara mengintegrasikan isu dan topik lingkungan ke dalam tema materi pelajaran Bahasa Inggris terutama dalam sesi menulis. Isu lingkungan seperti polusi iklim atau bencana alam. Kedua guru secara konsisten menggunakan tema atau topik alam dan lingkungan dalam kegiatan belajar mengajar termasuk dalam penggunaan workbook worksheet dan games. Ketiga pelaksanaan pengajaran berbasis alam dalam kegiatan menulis dapat memberikan siswa motivasi untuk menulis. Siswa memperlihatkan antusiasme yang lebih tinggi dalam kegiatan menulis saat diajarkan dengan pengajaran berbasis alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244937

Actions (login required)

View Item View Item