Students' perception toward English teaching and learning at SMPK Mardi Wiyata Malang / Paulina Galandjindjinay - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' perception toward English teaching and learning at SMPK Mardi Wiyata Malang / Paulina Galandjindjinay

Galandjindjinay, Paulina (2014) Students' perception toward English teaching and learning at SMPK Mardi Wiyata Malang / Paulina Galandjindjinay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Galandjindjinay P. 2014. Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPK Mardi Wiyata Malang.Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Evynurul Laily Zen S.S. M.A. Kata Kunci Persepsi Materi Media Aktivitas Asesmen Guru Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Permasalahan utama yang ingin ditemukan jawabannya oleh peneliti dalam penelitian ini adalah is bagaimana siswa kelas VIII di SMPK Mardi Wiyata Malang mempersepsikan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu beberapa permasalahan spesifiknya adalah bagaimana siswa kelas VIII di SMPK Mardi Wiyata Malang mempersepsikan materi media aktivitas tes/kuis dan guru Bahasa Inggris sebagai komponen dasar dalam pengajaran dan pembalajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini fokus pada siswa kelas VIII di SMPK Mardi Wiyata Malang. Penelitian ini secara khusus mencari tahu persepsi siswa terhadap materi belajar media belajar aktivitas belajar tes/kuis dan guru dalam pelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utamanya adalah peneliti sendiri karena dia berfungsi sebagai perencana pengumpul data pengolah data dan penulis laporan hasilnya (Moleong 2010 121). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua langkah mendistribusikan angket dan mewawancarai beberapa informan terpilih. Angket atau kuesioner merupakan sekumpulan pertanyaan yang disusun untuk mendapatkan data atau informasi dari siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Untuk memperkuat atau mendukung informasi dari angket peneliti mewawancarai 4 siswa dua laki-laki dan dua perempuan. Dari empat siswa tersebut dua informan diambil dari peraih nilai tertinggi dari UTS pelajaran Bahasa Inggris sedangkan dua lainnya adalah peraih nilai terendah. Elaborasi hasil angket dan wawancara menemukan bahasa siwa memiliki persepsi yang baik dan positif khususnya terhadap materi pembelajaran media pembelajaran aktivitas belajar tes/kuis serta guru Bahasa Inggris kecuali kemasan buku English in Focus book yang merupakan sumber utama materi Bahasa Inggris. Berdasarkan temuan yang telah disebutkan diatas peneliti memberikan saran khususnya kepada guru Bahasa Inggris yang diharapkan bisa memberikan perhatian lebih kepada bagaimana siswa mereka mempersepsikan semua komponen pengajaran dan pembelajarn karena persepsi belajar ini diasumsikan berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244934

Actions (login required)

View Item View Item