The teaching of speaking at the seventh grade of SMPN 1 Malang / Wardatus Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of speaking at the seventh grade of SMPN 1 Malang / Wardatus Zakiyah

Zakiyah, Wardatus (2014) The teaching of speaking at the seventh grade of SMPN 1 Malang / Wardatus Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakiyah Wardatus. 2014. Pengajaran Speaking pada Siswa Kelas Tujuh SMPN 1 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci teaching speaking SMPN 1 Malang materi strategi media alokasi waktu evaluasi 12288 12288 12288 12288 Di Indonesia speaking sering bukan menjadi prioritas dalam mengajar Bahasa Inggris karena speaking dianggap sulit untuk diajarkan. Maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengajaran speaking di SMPN 1 Malang kerena sekolah ini adalah sekolah favorit di kota Malang yang mempunyai kualitas yang bagus dalam mengajar speaking. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengajaran speaking pada siswa kelas tujuh SMPN 1 Malang dalam hal materi strategi media alokasi waktu dan evaluasi yang dilakukan guru dalam mengajar speaking pada siswa kelas tujuh. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi karena dirancang untuk mendeskripsikan pengajaran speaking pada siswa kelas tujuh SMPN 1 Malang. Subjek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris kelas tujuh SMPN 1 Malang. Data diperoleh melalui interview guru angket siswa dan observasi. 12288 12288 12288 12288 Penemuan dari studi ini adalah tidak adanya waktu khusus dalam mengajar speaking karena speaking diajarkan secara integrasi dengan skill yang lainnya. Dalam pengajaran speaking guru mengajarkan materi dari buku When English Rings the Bell dan sumber lain dari internet seperti yang telah tersedia di kurikulum 2013. Guru menggunakan berbagai aktivitas dan media dalam mengajar speaking untuk meningkatkan motivasi dan rasa kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Strategi yang digunakan siswa guru dalam mengajar speaking adalah interview bermain peran diskusi bercerita presentasi membuat dialog peragaan deskripsi dan menebak. Media yang digunakan guru dalam mengajar speaking adalah LCD video power point objek nyata gambar foto laptop kamus lagu dan film. Strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah presentasi dan bermain peran. Selain itu guru juga memanfaatkan kegiataan yang diadakan sekolah setiap hari sabtu yaitu English day untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Dalam kegiatan english day setiap kelas menampilkan performa seperti drama puisi dan lain sebagainya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penemuan dari penelitian beberapa saran diberikan demi perbaikan proses belajar mengajar. Mengingat bahwa alokasi waktu dalam mengajar speaking sangat terbatas akan lebih baik jika guru mengimplementasikan strategi yang bisa membuat seluruh siswa aktif dalam berbicara seperti lebih menggunakan grup diskusi karena dalam mengimplementasikan presentasi dan bermain peran sebagian siswa hanya mendengarkan performa dari teman mereka ketika bukan giliran mereka untuk berbicara. Mengacu pada strategi bermain peran yang diimplementasikan oleh guru akan lebih baik jika guru lebih mempertimbangkan pelaksanaan bermain peran dari segi manajemen waktu agar waktu yang digunakan lebih efektif. Selain itu penelitian ini diharapkan bisa memberi informasi dan inspirasi untuk peneliti ketika peneliti mengajar dimasa depan. Peneliti lain diharapkan untuk meneliti pada topik penelitian yang sama dengan melakukan penelitian yang lebih mendalam yang mana tidak bisa dilakukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244933

Actions (login required)

View Item View Item