The use of communication strategies in mathematics (ex-RSBI) class at SMA Negeri 5 Malang / Alvin Nouval - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of communication strategies in mathematics (ex-RSBI) class at SMA Negeri 5 Malang / Alvin Nouval

Nouval, Alvin (2013) The use of communication strategies in mathematics (ex-RSBI) class at SMA Negeri 5 Malang / Alvin Nouval. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nouval Alvin. 2013. Penggunaan Strategi Komunikasi di Kelas Matematika (eks-RSBI) SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Prof. Dra. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci Communication Strategies SMA the Teaching of Mathematics Pada tahun 2010 Depdiknas meminta guru Sains Matematika dan mata pelajaran kejuruan inti sekolah RSBI untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam penguasaan bahasa Inggris dan memiliki penguasaan penguasaan aktif dalam proses belajar mengajar. SMA Negeri 5 Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan RSBI sejak 2010. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan strategi komunikasi (CS) dalam pengajaran Matematika di sekolah RSBI dalam hal (1) CS yang diterapkan oleh guru dan (2) penyebab/alasan guru menggunakan CS tertentu dalam kelas Matematika. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Malang. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Matematika dan siswa kelas X-Akselerasi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Data dikategorikan dijelaskan dan dianalisis berdasarkan taksonomi Tarone tentang CS 1980. Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama pada CS yang digunakan di kelas Matematika peneliti menemukan enam jenis CS yang diterapkan yaitu approximation word coinage literal translation language switch appeal for assistance dan topic avoidance. Kedua pada penyebab guru menggunakan CS tertentu di kelas Matematika ditemukan bahwa dia tidak mengerti informasi apapun tentang CS. Anehnya guru tersebut mampu menerapkan tiga jenis CS berbeda berdasarkan observasi yang diambil oleh peneliti. Kesimpulannya guru Matematika di SMA Negeri 5 Malang menerapkan berbagai jenis CS dalam pengajaran dan proses pembelajaran di kelas RSBI Matematika meskipun guru tidak memiliki informasi yang memadai mengenai teori CS. Selain itu guru tidak pernah mengikuti pelatihan bahasa atau lokakarya terkait dengan pengajaran ilmu pengetahuan dan Matematika menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bahwa kepala sekolah harus mengakomodasi para guru Sains dan Matematika dengan lokakarya atau pelatihan strategi komunikasi dalam rangka meningkatkan penguasaan aktif mereka dalam bahasa Inggris. Di lain pihak sangat diharapkan bahwa guru senantiasa menerapkan penggunaan strategi komunikasi di kelas dan mengembangkan pengetahuannya dari beberapa sumber buku serta mengikuti pelatihan bahasa untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris secara aktif. Kemudian sekolah lainnya yang menerapkan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam mata pelajaran Sains dan Matematika harus memberikan persiapan terbaik untuk para guru. Untuk penelitian lebih lanjut sangat dianjurkan untuk menganalisis Sekolah Internasional atau berbagai CS yang digunakan baik guru maupun siswa. Penelitian lebih lanjut juga dapat difokuskan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244931

Actions (login required)

View Item View Item