The implementation of scientific approach in the teaching of English at SMPN 5 Malang / Ajeng Dini Arfianti - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of scientific approach in the teaching of English at SMPN 5 Malang / Ajeng Dini Arfianti

Arfianti, Ajeng Dini (2014) The implementation of scientific approach in the teaching of English at SMPN 5 Malang / Ajeng Dini Arfianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arfianti Ajeng Dini. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata Kunci Pendekatan Saintifik Penerapan Pendekatan Saintifik pengajaran Bahasa Inggris 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 menyajikan metode baru pembelajaran yang disebut dengan Pendekatan Saintifik. Pendekatan ini mengadopsi tahap-tahap ilmuwan dalam meneliti hal-hal baru dengan menggunakan metode ilmiah. Pendekatan Saintifik mencakup lima tahap yaitu mengamati mempertanyakan mengumpulkan informasi / bereksperimen mengasosiasi dan berkomunikasi. Pendekatan ini menekankan siswa untuk secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan peran guru hanya menjadi fasilitator yang membimbing dan mengkoordinasikan aktivitas belajar siswa. Namun pelaksanaan pendekatan ilmiah masih asing terutama bagi guru bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama di SMPN 5 Malang. Penelitian ini mencoba menjawab dua masalah penelitian (1) Bagaimana penerapan pendekatan ilmiah dalam pengajaran bahasa Inggris di SMPN 5 Malang (2) Apa pendapat guru bahasa Inggris pada pelaksanaan pendekatan ilmiah dalam pengajaran bahasa Inggris di SMPN 5 Malang 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti meneliti tiga orang guru bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Peneliti adalah instrumen kunci dalam penelitian ini untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Selain itu peneliti juga menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan sebagai instrumen. Data utama penelitian ini adalah kegiatan guru di setiap tahap Pendekatan Saintifik. Untuk mendukung data utama data sekunder juga dikumpulkan melalui catatan lapangan. Analisis data dilakukan empat tahap yaitu pengumpulan data reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada banyak kegiatan yang berbeda di setiap tahap Pendekatan Saintifik yang bergantung pada tujuan instruksional. Di pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menghasilkan produk mereka sendiri dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari di kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan di tahap observasi antara lain mengamati gambar menonton video dan mengamati ilustrasi dari guru. Kegiatan yang dilakukan di tahap menanya antara lain siswa atau guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan topik yang dibahas. Kegiatan yang dilakukan di tahap mengumpulkan informasi/bereksperimen antara lain mengeksplorasi dari buku atau slide presentasi mengerjakan soal dari guru atau buku. Kegiatan yang dilakukan di tahap mengasosiasi antara lain melakukan kegiatan dari buku atau menghasilkan produk. Kegiatan yang dilakukan di tahap berkomunikasi adalah siswa presentasi pekerjaan mereka. 12288 12288 12288 12288 Semua tahap tidak selalu dilakukan dalam setiap pertemuan. Setelah menerapkan pendekatan para guru menyatakan bahwa ada keuntungan dan kerugian dari pendekatan. Berdasarkan wawancara para guru berpikir bahwa pendekatan ilmiah memungkinkan mereka untuk mengajar dua keterampilan secara terpadu. Selain itu pendekatan memungkinkan siswa untuk menjadi peserta aktif. Namun demikian guru juga menghadapi kesulitan dalam menerapkan pendekatan ilmiah misalnya mereka membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan pendekatan baru. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menyarankan bahwa untuk kualitas yang lebih baik dari pelaksanaan pendekatan ilmiah dalam pengajaran bahasa Inggris di SMPN 5 Malang guru harus memberikan media yang menarik atau topik sehingga siswa minat belajar dapat timbul karena siswa partisipasi dalam pendekatan ini adalah penting. Selain itu guru harus mampu mendorong siswa untuk menemukan sumber-sumber lain sehingga mereka dapat mengeksplorasi lebih dengan topik yang mereka pelajari. Untuk peneliti. Karena penelitian ini hanya dijelaskan guru kegiatan di setiap tahap disarankan untuk menyelidiki bagaimana guru penilaian selama proses pembelajaran dan keyakinan guru dalam melakukan setiap tahap. Oleh karena itu peneliti lain dan pembaca bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana ilmiah pendekatan diimplementasikan dalam pengajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244928

Actions (login required)

View Item View Item