Gender representations in 'When English Rings the Bell' grade VII / Christina Natalia Sademi - Repositori Universitas Negeri Malang

Gender representations in 'When English Rings the Bell' grade VII / Christina Natalia Sademi

Sademi, Christina Natalia (2014) Gender representations in 'When English Rings the Bell' grade VII / Christina Natalia Sademi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sademi Christina Natalia. 2014. Gender Representations in When English Rings the Bell Grade VII. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra UNiversitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci Representasi jender Buku teks Bahasa Inggris 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesetaraan representasi jender pada sebuah buku teks Bahasa Inggris untuk murid kelas tujuh When English Rings the Bell diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013. Analisis ini berdasar pada lima kriteria (1) kesetaraan kenampakan (2) kesetaraan distribusi aktifitas (3) kesetaraan distribusi peran jender (4) kesetaraan deskripsi personal (5) penggunaan kata maskulin untuk umum. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunalan desain konten analisis kualitatif. Objek penelitian ini adalah sebuah buku teks Bahasa Inggris berjudul When English Rings the Bell . Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kriteria-kriteria dalam bentuk checklist. 12288 12288 12288 12288 Data yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) kemunculan karakter perempuan dan laki-laki di teks tergolong seimbang tetapi karakter laki-laki lebih sering muncul di ilustrasi daripada karakter perempuan (2) karakter perempuan dan laki-laki muncul pada dialog dan mendominasi dialog secara seimbang tetapi karakter laki-laki memulai lebih banyak dialog daripada karakter perempuan (3) karakter perempuan menampilkan lebih sedikit kegiatan sehari-hari daripada karakter laki-laki (4) pekerjaan karakter perempuan dan laki-laki tergolong tidak seimbang tetapi terdapat penggambaran prestise dan otoritas yang seimbang (5) karakter perempuan menampilkan lebih sedikit minat/hobi/kegiatan luang yang bersifat kurang kreatif/inisiatif/petualangan daripada karakter laki-laki dan terdapat perpanjangan peran domestik prempuan (6) kegiatan non-pekerjaan untuk karakter laki-laki tergolong seimbang tetapi memuat stereotip yang seksis (7) karakter perempuan dan laki-laki menampilkan distribusi peran domestik yang tidak seimbang dan hanya menampilkan peran domestik yang konvensional (8) karakter perempuan dan laki-laki menampilkan distribusi peran sosial yang tidak seimbang dan hanya menampilkan peran sosial yang konvensional (9) karakter laki-laki dan perempuan digambarkan dalam penampilan fisik yang seimbang tanpa stereotip yang seksis (10) karakter laki-laki dan perempuan digambarkan dalam emosi yang tidak seimbang dengan stereotip yang seksis (11) karakter laki-laki dan perempuan digambarkan dalam sifat personal yang seimbang tanpa stereotip yang seksis (12) karakter laki-laki dan perempuan digambarkan dalam atribut yang seimbang dengan stereotip yang seksis (13) tidak terdapat penggunaan kata maskulin untuk umum. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah When English Rings the Bell menggambarkan laki-laki dan perempuan secara seimbang dalam hal kemunculan di teks kegiatan non-pekerjaan penampilan fisik atribut dan penggunaan kata maskulin untuk umum. When English Rings the Bell menggambarkan laki-laki dan perempuan secara agak seimbang dalam hal jumlah kehadiran pada dialog. When English Rings the Bell menggambarkan perempuan dan laki-laki secara tidak seimbang kemunculan pada ilustrasi kegiatan rutin pekerjaan minat/hobi/kegiatan luang peran domestik dan sosial dan emosi. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menyarankan kepada para guru untuk memperhatikan sikapnya terhadap kesetaraan jender kepada penulis untuk menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menyetarakan kedua jender dan kepada para peneliti selanjutnya untuk dapat melakukan penelitian yang serupa dengan bahasan dan area sasaran yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244927

Actions (login required)

View Item View Item