The implementation of corrective feedback to enhance the writing skill of the eleventh grade students of SMAN 8 Malang / Alvina Mirzatul Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of corrective feedback to enhance the writing skill of the eleventh grade students of SMAN 8 Malang / Alvina Mirzatul Febriani

Febriani, Alvina Mirzatul (2014) The implementation of corrective feedback to enhance the writing skill of the eleventh grade students of SMAN 8 Malang / Alvina Mirzatul Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriani Alvina Mirzatul. 2014. The Implementation of Corrective Feedback to Enhance the Writing Skill of the Eleventh Grade Students of SMAN 8 Malang. Undergraduate Thesis.English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci Kemampuan menulis teks hortatori eksposisi pemberian koreksi perbaikan 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa siswa kelas XI Jurusan Bahasa di SMAN 8 Malang memiliki beberapa masalah menulis. Beberapa masalah tersebut antara lain pengorganisasian ide mekanik bahasa dan isi. Beberapa masalah tersebut menyebabkan kemampuan menulis para siswa tergolong rendah. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis para siswa. Penelitian ini adalah pemberian koreksi dalam menulis. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki 4 langkah pengaplikasian. Langkah-langkah tersebut adalah perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI Jurusan Bahasa SMAN 8 Malang tahun ajaran 2013/2014. Hanya ada 15 siswa dalam satu kelas Jurusan Bahasa.Penelitian ini menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar observasi kuesioner catatan lapangan dan pedoman wawancara. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 80% dari semua siswa mendapatkan nilai diatas 75 sebagai standart kelulusan minimal di SMAN 8 Malang. Strategi koreksi perbaikan yang digunakan merupakan pemberian koreksi perbaikan langsung. Koreksi perbaikan yang terlah dimodifikasi ini tidak hanya diberikan oleh guru tapi juga diberikan oleh siswa yang lain. Koreksi perbaikan dari teman sebaya dilakukan di akhir proses menulis. Siswa menganalisis pekerjaan siswa yang lain. Mereka harus mengoreksi kesalahan dan menjelaskannya di depan kelas. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya beberapa peningkatan kemampuan menulis para siswa setelah strategi ini diterapkan pada siswa. Hal itu dibuktikan oleh nilai-nilai para siswa yang telah melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai yang didapat para siswa antara 80-95. Setelah strategi ini diterapkan pada kelas menulis siswa lebih senang menggunakan strategi ini saat mereka menulis. Hal ini karena pemberian koreksi memberikan banyak manfaat bagi para siswa untuk menulis. Contohnya siswa tidak akan membuat kesalahan yang sama seperti kesalahan yang telah mereka buat sebelumnya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penemuan ini guru Bahasa Inggris diharapkan mengadopsi strategi pemberian koreksi perbaikan ini pada kelas menulis. Koreksi dari teman sebaya membantu para guru dalam hal penilaian kinerja siswa pada produk tulisan. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan strategi ini di level sekolah yang berbeda seperti contoh di SMK atau SMP yang mungkin memberikan hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244921

Actions (login required)

View Item View Item