The use of persuasive technique in McDonalds' television advertisements / Larasati Zuhro Nur Faizah Surya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of persuasive technique in McDonalds' television advertisements / Larasati Zuhro Nur Faizah Surya Putri

Putri, Larasati Zuhro Nur Faizah Surya (2014) The use of persuasive technique in McDonalds' television advertisements / Larasati Zuhro Nur Faizah Surya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Larasati Zuhro Nur Faizah Surya. 2014. Penggunaan Teknik Persuasif dalam Iklan Televisi Produk McDonalds. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Evynurul Laily Zen S.S M.A. Kata kunci teknik persuasi iklan televisi produk-produk McDonald 12288 12288 12288 12288 Iklan bukanlah suatu hal yang aneh itu menjadi salah satu alat berkomunikasi. Iklan adalah sebuah sistem bagi seseorang atau perusahaan untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat. Teknik persuasif diperlukan sebagai strategi dalam menyarankan mendorong mempengaruhi mengumumkan dan sangat merasuk ke dalam pikiran masyarakat. Di sekitar kita ada berbagai jenis iklan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Iklan yang paling efektif adalah dengan cara memanfaatkan televisi sebagai alat bantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik persuasif yang dipergunakan dan efek yang diinginkan dari penggunaan bahasa sebagai teknik persuasif pada iklan televisi McDonalds. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari transkrip semua ujaran dari tokoh iklan-iklan McDonald yang dipilih. Dalam penelitian ini kategori teknik perusasive yang digunakan oleh tokoh iklan dianalisis berdasarkan teori Littel (2008). Peneliti menemukan bahwa terdapat perbedaan frekuensi persuasif teknik yang digunakan pada iklan televisi McDonalds antara tahun 1970 sampai dengan tahun 2000. Pada iklan Happy Meal Menu (1979) terdapat lima persuasif teknik yang digunakan yaitu individuality (22 2%) emotional appeals (22 2%) loaded language (33 3%) bait and switch (44 4%) glittering generalities (11 1%) pada iklan Big Mac (1975) terdapat tiga persuasif teknik yang digunakan yaitu plain folk (40 9%) product comparison (54 5%) loaded language (4 5%) pada iklan Breakfast Menu (1970) terdapat tiga persuasif teknik yang digunakan yaitu plain folk (5%) loaded language (10%) celebrity spokesperson (5%) humor (5%) emotional appeals (20%) pada iklan Cheese Burger (1972) terdapat enam persuasif teknik yang digunakan yaitu plain folk (6 25%) individuality (25%) glittering generalities (18 75%) loaded language (6 25%) celebrity spokesperson (6 25%) emotional appeals (18 75%) pada iklan Happy Meal Menu (2013) terdapat tiga persuasif teknik yang digunakan yaitu emotiona appeals (10%) individuality (30%) humor (10%) pada iklan Big Mac (2013) terdapat tiga persiasif teknik yang digunakan yaitu glittering generalities (81 8%) product comparison (9 1%) bandwagon (9 1%) pada iklan Breakfast Menu (2001) hanya ada satu persuasif teknik yang digunakan yaitu glittering generality (12 5%) dan pada iklan Cheese Burger (2011) juga hanya terdapat satupersuasif teknik yang digunakan yaitu individuality sebanyak (3 33%). 12288 12288 12288 12288 Dari delapan iklan televisi McDonalds terdapat perbedaan frekuensi dalam penggunaan teknik persuasif. Meskipun pembuat iklan menggunakan teknik persuasif yang berbeda untuk masing-masing iklan televisi McDonald . Pada dasarnya hanya ada satu efek yang diharapkan oleh para pembuat iklan yaitu menarik minat para masyarakat untuk membeli produk mereka. Dan tujuan sebenarnya dari teknik persuasif adalah untuk menarik minat dan mempengaruhi masyarakat untuk membeli sebuah produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244919

Actions (login required)

View Item View Item