Using the process approach to improve the ability of the eleventh graders of SMAN 1 Gurah Kediri in reading narrative texts / Agus Suprianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the process approach to improve the ability of the eleventh graders of SMAN 1 Gurah Kediri in reading narrative texts / Agus Suprianto

Suprianto, Agus (2014) Using the process approach to improve the ability of the eleventh graders of SMAN 1 Gurah Kediri in reading narrative texts / Agus Suprianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suprianto Agus. 2014. Penggunaan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI SMAN 1 Gurah Kediri dalam Membaca Teks Naratif. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreni M.Ed. Kata kunci pendekatan proses membaca teks naratif. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XIIPS 2 SMAN 1 Gurah Kediri dalam membaca teks naratif. Kemampuan membaca dipilih sebagai fokus penelitian karena hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa 97% dari keseluruhan siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan berbahasa Inggris. Rerata nilai siswa dalam kemampuan membaca hanya 67 02. Hanya 5.5% atau 2 siswa dari 36 siswa di kelas yang memiliki nilai mencapai SKM yaitu 78. Menurut guru bahasa Inggris kelas tersebut hal ini disebabkan oleh penguasaan kosakata siswa yang sangat terbatas. Guru juga menambahkan bahwa siswa juga memiliki motivasi yang rendah dalam membaca. 12288 12288 12288 12288 Mengacu pada permasalahan diatas peneliti berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan pendekatan proses. Hal ini dilakukan karena beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pendekatan proses sangat efektif. Dalam pelaksanaanya pendekatan proses terdiri dari lima tahapan yaitu pre-reading reading responding exploring dan applying. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan observasi refleksi hasil observasi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Gurah Kediri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari pedoman wawancara kuesioner lembar observasi dan catatan lapangan. Sementara nilai siswa diambil dari tes kemampuan membaca. Kriteria kesuksesan dari penelitian ini adalah 50% dari keseluruhan siswa mencapai SKM yaitu 78 dan minimal 50% dari keseluruhan siswa memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pendekatan proses. 12288 12288 12288 12288 Peneliti memperoleh dua hasil dari penelitian ini. Pertama pada siklus yang pertama hanya 11% atau 4 dari 36 siswa yang mencapai nilai SKM. Hal ini terjadi karena siswa yang salah menafsirkan pertanyaan sehingga jawaban mereka tidak sesuai. Sejumlah siswa tampak mudah bosan dan enggan untuk membaca. Setelah menemukan kekurangan pada siklus pertama dan mengganti kegiatan pada siklus yang kedua dengan menjelaskan maksud dari setiap pertanyaan terlebih dahulu 89% atau 32 dari 36 siswa mencapai SKM dan siswa menjadi lebih bersemangat untuk mengikuti kegiatan di kelas. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan proses berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam membaca teks berjenis naratif. 12288 12288 12288 12288 Ada beberapa saran yang ditujukan kepada guru bahasa Inggris dan peneliti yang ingin menggunakan pendekatan ini. Guru harus mengikuti lima tahapan dalam pendekatan ini yang terdiri dari pre-reading reading responding exploring and applying. Proses ini harus tetap dijalankan meskipun aktivitas dalam setiap tahapannya berbeda. Guru mungkin perlu memodifikasi aktivitas dalam kelas sesuai dengan atmosfer dan masalah yang ada di kelas. Sementara untuk peneliti yang berkeinginan melakukan penelitian yang serupa dianjurkan untuk tidak hanya memfokuskan diri untuk membantu siswa mencapai nilai SKM namun juga meningkatkan minat mereka dalam membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244915

Actions (login required)

View Item View Item