Improving the students' ability in writing narrative paragraphs using wordless picture books for the 12th graders in SMKN 2 Singosari / Deasy Rizki Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the students' ability in writing narrative paragraphs using wordless picture books for the 12th graders in SMKN 2 Singosari / Deasy Rizki Fitriani

Fitriani, Deasy Rizki (2014) Improving the students' ability in writing narrative paragraphs using wordless picture books for the 12th graders in SMKN 2 Singosari / Deasy Rizki Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriani Deasy Rizki. 2014.Improving the Students Ability in Writing Narattive Paragraphs Using Wordless Picture Books for the 12th Graders in SMKN 2 Singosari.Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang.Advisor Dr. Sri Rachmajanti. Dip. TESL M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis wordless picture book teks narasi sikap siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari kuesioner yang diisi oleh siswa dan interview kepada guru bahasa Inggris dari SMKN 2 Singosari pada penelitian awal diketahui bahwa siswa kelas XII RPL 2 (Rekayasa Perangkat Lunak) memiliki beberapa masalah dalam kemampuan menulisnya. Masalah yang mereka alami antara lain adalah minimnya kosa kata dan kurangnya penguasaan tata bahasa akan tetapi masalah yang paling jadi perhatian adalah para siswa yang tidak bisa menemukan gagasan mengembangkan gagasan dan menyusun gagasan-gagasan tersebut dengan baik. Masalah-masalah inilah yang membuat kemampuan menulis siswa menjadi rendah. 12288 12288 12288 12288 Maka dari itu peneliti mengadakan sebuah penelitian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Peneliti menggunakan wordless picture book untuk meningkatkan kemampuan menuli ssiswa.Wordless picture book adalah gambar berseri yang didalamnya tidak ada kata atau kalimat yang memiliki urutan ilustrasi untuk menceritakan cerita di dalamnya. Wordless picture book membantu siswa untuk menemukan mengembangkan dan menyusun gagasan gagasan mereka dengan baik dan benar. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XII RPL2 (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMKN2 Singosari pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Ada dua puluh lima siswa dalam kelas tersebut. Peneliti menggunakan tiga macam instrument penelitian yaitu kuesioner checklist observasi catatan lapangan panduan wawancara dan rubrik nilai writing skill. 12288 12288 12288 12288 Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa wordless picture book dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks narasi. Hal itu terbukti dengan hamper semua siswa bisa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Siswa juga menyukai penggunaan teknik wordless picture book ini dalam kegiatan belajar mengajar. Para siswa tertarik untuk membuat sebuah teks narasi dengan menggunakan gambar-gambar yang ada di wordless picture book. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan dari penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan untuk mengadopsi teknik wordless picture book ini. Para guru juga disarankan untuk menggunakan teknik wordless picture book ini dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti yang berikutnya diharapkan dapat melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan media-media lainnya untuk member sumber rujukan yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244907

Actions (login required)

View Item View Item