Using picture-sequence strategy to enhance the wrirting narrative skill of eight grade srtudents at Mts Maarif NU 2 Sutojayan / Azhizha Nilawardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture-sequence strategy to enhance the wrirting narrative skill of eight grade srtudents at Mts Maarif NU 2 Sutojayan / Azhizha Nilawardani

Nilawardani, Azhizha (2014) Using picture-sequence strategy to enhance the wrirting narrative skill of eight grade srtudents at Mts Maarif NU 2 Sutojayan / Azhizha Nilawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilawardani Azhizha. 2014.Using Picture-sequence Strategy to Enhance The Writing Narrative Skill of Eight Grade Students at MTs Maarif NU 2 Sutojayan. Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Pembimbing Drs. Andi Muhtar M.A. Kata Kunci menulis strategi picture-sequence kemampuan menulis teks naratif sikap siswa 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi picture sequence meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Strategi Picture-sequence adalah kombinasi dari strategi dan media. Strategi ini membutuhkan 3 pertemuan untuk mengajar memberi latihan menulis secara kelompok dan tes menulis secara individu tanpa media. Media yang digunakan adalah gambar dan lembar kerja siswa. Siswa diharuskan untuk mengikuti instruksi yang ada di dalam lembar kerja siswa dan membaca teks naratif kemudian menyusun gambar berdasarkan teks. Siswa kemudian harus menuliskan teks naratif berdasarkan urutan gambar kurang lebih 200-300 kata. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain PTK atau penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas 8D di MTs Maarif NU 2 Sutojayan pada semester kedua tahun akademik 2013/2014. Ada 30 siswa yang diteliti dalam kelas tersebut. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi picture-sequence meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang telah mencapai standar minimal kelulusan yakni 75 pada akhir siklus pertama. Strategi ini juga membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan sehingga motivasi siswa dalam menulis pun meningkat. Hal itu terbukti dari hasil pengamatan siswa di dalam kelas dan hasil pengisian angket. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan mengadopsi langkah-langkah atau instrumen yang digunakan dalam strategi picture-sequence sebab strategi ini telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa secara signifikan. Para guru juga disarankan untuk menggunakan strategi ini dalam upaya meningkatkan motivasi siswa dalam menulis dengan beberapa modifikasi terutama untuk mengakomodasi kekurangan dari strategi ini dalam hal alokasi waktu. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti penerapan strategi picture-sequence untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di jenis teks lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244906

Actions (login required)

View Item View Item