Relevance interpretation on implicatures in billboard copies / Tri Wahyu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevance interpretation on implicatures in billboard copies / Tri Wahyu Utami

Utami, Tri Wahyu (2014) Relevance interpretation on implicatures in billboard copies / Tri Wahyu Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Tri Wahyu. 2014. Relevance Interpretation on Implicatures in Billboard Copies. Thesis English Department. Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Aulia Apriana S.S. M.Pd. Kata kunci interpretasi relevan implikatur teori relevansi pesan baliho Iklan seperti baliho tidak selalu menjelaskan tentang produk yang ditawarkannya secara detail. Karena sistem kognisi manusia berorientasi pada relevansi (Sperber and Wilson 1995 147) manusia selalu berusaha untuk memahami relevansi dari informasi yang mereka terima. Oleh karena itu untuk memahami makna dari si pembicara dan makna linguistik dari sebuah pesan secara baik seseorang harus membuat interpretasi yang sesuai dengan yang diinginkan oleh si pembicara. Interpretasi yang relevan diperoleh jika efek kontekstual terbesar didapatkan melalui usaha terkecil. Penelitian ini membahas tentang analisis interpretasi yang relevan dari implikatur yang ditemukan pada pesan baliho dan bagaimana interpretasi tersebut diperoleh. Ada dua permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini (1) Apa interpretasi yang dianggap paling relevan dari pesan baliho dan (2) Bagaimana para pembaca memahami makna yang ingin disampaikan oleh penulis pesan tersebut Rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan dua sumber data. Sumber data pertama adalah 15 baliho yang dikumpulkan dari baliho-baliho di sepanjang jalan-jalan utama di kota Malang yaitu mulai Jalan Jend. A. Yani Jalan Letjen S. Parman Jalan Letjen Sutoyo Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai Jalan B.S. Riadi. Data tersebut dikumpulkan sejak bulan Januari hingga Maret 2014. Sumber data yang kedua adalah interpretasi responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah 9 orang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2009 2010 dan 2011 yang diambil secara acak. Data yang diperoleh dari dua sumber tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori relevansi yang dikemukakan oleh Sperber dan Wilson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interpretasi paling relevan dari masing-masing baliho adalah 1) Free iklan gratis (tanpa dipungut biaya) 2) Sharp Big Aquos Sharp telah meluncurkan varian TV terbaru yang memiliki layar lebar (90 ) 3) LG Ultra HDTV (a) LG adalah perusahaan terbaik yang memproduksi TV tercanggih yaitu LG Ultra HDTV dan (b) LG memiliki Ultra HDTV terbaik 4) The Harvest Gong Xi Fa Cai The Harvest merayakan Tahun Baru Imlek dan (b) The Harvest menawarkan paket coklat dan kue spesial dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 5) Ibis Styles hotel Ibis Styles adalah sebuah hotel yang memiliki desain luar biasa yang menawarkan pengalaman baru kepada pelanggannya melalui pelayanan serta desain interiornya 6) Savana Savana menawarkan beberapa fasilitas untuk anak-anak 7) UPH (a) UPH merupakan sebuah kampus kecil yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas (b) sebuah kelas kecil dengan jumlah mahasiswa yang sepadan sangat kondusif untuk proses pembelajaran (c) UPH mengajak orang-orang yang tertarik untuk belajar di kelas yang kecil dan (d) iklan tersebut mengajak pembaca untuk bergabung di UPH Surabaya 8) Atria Shocking Sunday Package penawaran spesial dengan harga khusus untuk reservasi pada hari Minggu 9) Samsung Home Appliances iklan tersebut menawarkan peralatan rumah tangga yang dapat mempermudah pekerjaan rumah 10) D Fresh penawaran reservasi dengan tarif murah dan spesial secara terbatas untuk pelanggan yang melakukan reservasi lebih awal 11) Savana (a) Savana merupakan sebuah hotel berkelas untuk kalangan kelas atas dan (b) iklan tersebut adalah sebuah iklan tentang hotel 12) Savana Gong Xi Fa Cai ucapan selamat tahun baru kepada orang-orang Tionghoa melalui tawaran paket jamuan ala Cina 13) Amaris iklan tersebut tentang hotel Amaris serta sebagai papan penunjuk jalan 14) TBI iklan tentang lembaga kursus dan 15) Samsung Triangle Design (a) AC Samsung terbaru mampu menghasilkan udara yang segar dan menyejukkan dan (b) iklan tersebut menjelaskan desain AC terbarunya. Selain perbedaan kemampuan kognitif pembaca adanya interpretasi yang bervariasi dapat dikarenakan perbedaan OS dan/atau perbedaan jenis locution. Berdasarkan hasil penelitian adanya keterbatasan jumlah interpretasi menunjukkan kemungkinan bahwa penulis iklan telah berhasil membuat pesannya mudah dipahami atau bahwa iklan tersebut mengandung terlalu banyak tulisan/tulisan kurang jelas sehingga iklan tersebut tidak menarik untuk dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaca memahami pesan baliho dengan cara membuat interpretasi dari locution ke illocution. Mereka membuat asumsi dengan cara mengisi celah pada locution yaitu dengan mencari relevansi informasi yang diterima dan berhenti berasumsi ketika relevansi tersebut tercapai. Peneliti menyarankan para pelajar untuk memahami implikatur yang bisa mereka temukan dalam contoh nyata seperti yang terkandung dalam sebuah iklan serta memahami proses implikatur tersebut dipahami dari sudut pandang kognitif-psikologis. Peneliti juga menyarankan para pengiklan dan penulis iklan agar dapat menulis iklan secara efektif yaitu dengan mempertimbangkan kemampuan kognitif dan kontekstual calon pembaca iklan. Peneliti juga menyarankan agar publik memiliki kesadaran pragmatik tentang bahasa iklan supaya mereka bisa lebih bijaksana dalam menanggapi iklan. Selain itu peneliti menyarankan para peneliti selanjutnya agar menggunakan perangkat penelitian yang lain seperti interview dalam melakukan penelitiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244904

Actions (login required)

View Item View Item