The vocabulary teaching techniques used by the English teacher at SDN Sumbersari III Malang / Yosia Bait Amtiran - Repositori Universitas Negeri Malang

The vocabulary teaching techniques used by the English teacher at SDN Sumbersari III Malang / Yosia Bait Amtiran

Amtiran, Yosia Bait (2011) The vocabulary teaching techniques used by the English teacher at SDN Sumbersari III Malang / Yosia Bait Amtiran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kosa kata teknik pengajaran SD (Sekolah dasar) Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajarkan kosakata di SDN Sumbersari III Malang. Pokok penilitian ini adalah guru bahasa Inggris pada SDN Sumbersari III Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah daftar observasi catatan lapangan dan pedoman wawancara. Daftar observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktifitas guru dalam mengajarkan kosakata. Catatan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data tentang bagaimana teknik pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris tersebut sedangkan panduan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari guru bahasa Inggris tersebut untuk mendukung data yang telah diperoleh dari catatan lapangan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru menggunakan teknik yang bervariasi dalam mengajar kosakata bahasa Inggris. Teknik-teknik yang digunakan adalah menggunakan gambar teknik mendengarkan dan mengulangi bermain game menyanyikan lagu menggunakan gerak tubuh dan menggunakan worksheet. Sebelum mengajar guru SDN Sumbersari Inggris III Malang membuat beberapa persiapan seperti gambar dan benda nyata. Guru menggunakan prosedur bergambar dengan meminta siswa untuk mengucapkan kata dalam bahasa Inggris berdasarkan gambar dia menunjuk. Jika siswa tidak tahu kata tersebut maka guru membantu siswa dengan memberikan huruf pertama kata dan jika siswa masih tidak mengerti kata guru menunjukkan benda-benda nyata/mainan dan kadang-kadang ia juga menunjuk hal di sekitar kelas atau mengatakan kata tersebut dalam bahasa Indonesia dan siswa menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada bagian guru menggunakan prosedur ostensive. Kadang-kadang guru berusaha membuat siswa memahami dengan memperkenalkan kata melalui konteks dan itu disebut prosedur kontekstual. Setelah itu guru meminta siswa untuk menutup buku dan semua catatan. Guru tersebut meminta para siswa untuk menyebutkan nama semua gambar ditempelkan ke dalam papan tulis dalam rangka untuk menguji memori siswa. Dia masih membantu para siswa dengan memberikan petunjuk yaitu kata-kata yang terkait dengan gambar. Sebagai contoh guru tersebut menunjukkan gambar-gambar jam. Para siswa lupa nama dalam bahasa Inggris pada saat itu sehingga guru memberikan beberapa petunjuk seperti bentuk bulat ia memiliki banyak warna kita lihat setiap hari sebelum pergi ke sekolah kita melihatnya sebelum tidur kita melihatnya sebelum studi kita melihatnya dan sebelum menonton televisi kita melihatnya . Pada bagian ini guru digunakan prosedur diferensial. Pada bagian akhir dalam kegiatan belajar mengajar guru memberikan tugas kepada siswa seperti menjawab pertanyaan melengkapi kalimat menyusun kata-kata dan guru menutup pelajaran dengan meminta siswa untuk menutup semua buku mereka meminta mereka untuk mengingat materi diberikan. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran dibuat untuk guru bahasa Inggris SDN Sumbersari III Malang. Guru bahasa Inggris harus meningkatkan minat siswa dalam belajar dengan membawa siswa untuk belajar diluar kelas dan menemukan bahan-bahan belajar yang lebih dari sumber lainnya seperti dari internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244895

Actions (login required)

View Item View Item