Content analysis on "English for kids grade 3" a textbook used in elementary schools in Malang / Nestin Vernila Keban - Repositori Universitas Negeri Malang

Content analysis on "English for kids grade 3" a textbook used in elementary schools in Malang / Nestin Vernila Keban

Keban, Nestin Vernila (2012) Content analysis on "English for kids grade 3" a textbook used in elementary schools in Malang / Nestin Vernila Keban. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis buku buku pelajaran kelas tiga. Penelitian ini bertujuan untuk memeberikan penilaian terhadap buku English for Kids Grade 3 yang di terbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang yang meliputi hal-hal berikut (1) tujuan (2) desain dan susunan (3) keterampilan kebahasaan (4) isi kebahasaan (5) topic (6) pertimbangan praktis berdasarkan criteria dari para ahli diantaranya Cunningsworth (1995) and Litz (2005). Penelitian ini menggunakan metode descriptive-evaluative dengan menggunakan desain analisis isi. Subyek dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris yang menggunakan buku pelajaran bahasa inggris ini sebagai bahan ajarnya sedangkan objek dari penelitian ini adalah buku pelajaran itu sendiri yang berjudul English for Kids Grade 3 . Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tiga instrument utama peneliti daftar evaluasi dan pedoman wawancara. Setelah memperoleh informasi dari guru bahasa inggris mengenai buku tersebut dan menganalisa data berdasarkan kriteria evaluasi EFL peneliti mampu untuk menjelaskan kriteria-kriteria yang sudah terpenuhi oleh buku tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyimpulkan hasil dari penelitian yang disajikan dalam bentuk presentase yang biasa disebut tingkat kesesuaian. Hal ini dilakukan dengan membagi jumlah kriteria yang telah terpenuhi oleh buku dengan total jumlah kriteria evaluasi EFL dan kemudian dikalikan dengan 100%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks tersebut dianggap cukup relevan dengan kriteria evaluasi buku teks EFL hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kesesuaian yang tersaji. Tingkat kesesuaian dari buku English for Kids Grade 3 adalah 60 86%. Walaupun buku ini masih membutuhkan banyak perbaikan namun dari hasil penelitian menunujukan bahwa guru masih dapat menggunakannya sebagai referensi untuk mengajar siswa kelas tiga di sekolah dasar. Berdasarkan temuan dari penilitian ini peneliti menyarankan bahwa guru bahasa inggris kelas tiga perlu selektif dalam memberikan materi-materi keterampilan menulis pilihlah materi yang sesuai dengan kemampuan siswa kelas tiga. Kemudian Jurusan Bahasa Inggris UM perlu mengembangkan buku pelajaran bahasa inggris baru untuk sekolah dasar yang memenuhi semua kriteria buku yang baik berdasarkan pada kriteria dari evaluasi buku teks EFL. Bagi peneliti lain yang mungkin melakukan penelitian pada topik yang sama tentang evaluasi buku disarankan hendaknya lebih berhati-hati dalam memilih kriteria-kriteria apa saja dalam mengevaluasi sebuah buku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244894

Actions (login required)

View Item View Item