Grammatical errors found in the descriptive texts of the first year students of SMP Lab. UM / Robby Raju Wulur - Repositori Universitas Negeri Malang

Grammatical errors found in the descriptive texts of the first year students of SMP Lab. UM / Robby Raju Wulur

Wulur, Robby Raju (2012) Grammatical errors found in the descriptive texts of the first year students of SMP Lab. UM / Robby Raju Wulur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesalahan tata bahasa teks deskriptif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskipsikan kesalahan-kesalahan tata bahasa di dalam tulisan deskriptif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Lab UM dan menggunakan siswa kelas tujuh dari kelas 7E sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dari penelitian ini merupakan 28 tulisan siswa. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan diklasifikasikan berdasarkan pada surface strategy taxonomy yang dikemukakan oleh by Dulay dkk. (1982) taksonomi ini meliputi errors of omission errors of addition errors of misformation dan errors of misordering. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 911 kesalahan dari data yang ada. Kesalahan dengan frekuensi tertinggi adalah errors of omission (57.18% dari keseluruhan kesalahan) yang meliputi omission of be omission of article omission of plural marker omission of preposition omission of ing omission of partitive omission of noun omission of S-V agreement omission of possessive pronoun omission of adverb omission of verb omission of adjective omission of conjunction omission of pronoun omission of subject pronoun omission of determiner dan omission of suffix ( s). Kesalahan dengan frekuensi tertinggi yang kedua adalah errors of misformation (23.81% dari keseluruhan kesalahan) yang meliputi misformation of verb misformation of noun misformation of be misformation of preposition misformation of subject pronoun misformation of article misformation of adverb misformation of pronoun misformation of adjective dan misformation of conjunction. Kesalahan yang muncul sebagai kesalahan dengan frekuensi tertinggi ketiga adalah errors of addition (17.23% dari keseluruhan kesalahan) yang meliputi addition of adjective addition of article addition of conjunction addition of preposition addition of verb addition of be addition of suffix ( s) addition of noun addition of apostrophe addition of possessive pronoun addition of subject pronoun addition of ed addition of adverb addition of determiner addition of ing addition of number dan addition of ill-formed word. Kesalahan dengan frekuensi terendah adalah errors of misordering (1.75% dari keseluruhan kesalahan) yang meliputi misordering of noun phrase misordering of prepositional phrase dan misordering of verb phrase. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini ada beberapa saran yang dapat diberikan kepada para guru bahasa Inggris para siswa dan para peneliti yang akan datang. Para guru Bahasa Inggris disarankan untuk lebih memberikan perhatian kepada masalah-masalah siswa dalam membuat suatu paragraf. Para siswa disarankan untuk membaca lebih banyak lagi teks-teks dalam bahasa Inggris agar lebih mengenal struktur-strukturnya dan perbedaan dari yang ada di Bahasa Indonesia. Para peneliti yang akan datang yang tertarik untuk melakukan penelitian mereka dalam error analysis disarankan untuk meneliti kesalahan-kesalahan tata bahasa yang terjadi pada jenis teks yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244885

Actions (login required)

View Item View Item