Improving the speaking skill of the ninth grade students of MTs NU Pakis using songs / Abdul Rokhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the speaking skill of the ninth grade students of MTs NU Pakis using songs / Abdul Rokhim

Rokhim, Abdul (2013) Improving the speaking skill of the ninth grade students of MTs NU Pakis using songs / Abdul Rokhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokhim Abdul. 2013. Pengembangan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sembilan MTs NU PAKIS Menggunakan Lagu. Skripsi S1 Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Johannes Ananta Prayogo M.Pd. M.Ed. Pembimbing II Nurenzia Yannuar M.A. Kata Kunci Kemampuan berbicara lagu bahasa inggris penelitian tindakan kolaboratif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa kelas sembilan A MTS NU PAKIS melalui penerapan lagu bahasa inggris dalam proses belajar dan mengajar di kelas. Hal ini merupakan sebuah teknik dan teknik ini dipilih karena teknik lagu bahasa inggris dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas sembilan A MTS NU PAKIS dapat ditingkatkan melalui penerapan lagu bahasa Inggris Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Dalam hal ini peneliti dan kolaborator bekerja bersama menyusun rencana pembelajaran mengimplementasikan tindakan dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas sembilan MTS NU PAKIS tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Terdapat tiga pertemuan pada tiap-tiap siklus. Data penelitian diperoleh dari observasi formulir nilai pada studi pendahuluan jurnal guru dan catatan lapangan yang ditulis selama pelaksanaan tindakan. Prosedur penerapan teknik lagu bahasa inggris dalam proses belajar mengajar pada siklus I adalah 1) kegiatan mendengarkan lagu 2) mengulangi lagu 3) menulis dengan kelompok dan 4) membaca di tempat duduk. Sedangkan pada siklus II prosedur penerapan teknik lagu bahasa inggris dalam proses belajar mengajar adalah 1) kegiatan mendengarkan lagu 2) mengulangi lagu 3) menulis dengan kelompok 4) membaca di depan kelas. Hasil penelitian adalah bahwa siswa berbicara di depan kelas. Peningkatan ini dapat dilihat dari data yang diperoleh dari nilai siswa di kelas. Pada siklus I terdapat 68.61% siswa yang belajar aktif di kelas. Sedangkan pada siklus II terdapat 82.78% siswa yang belajar aktif di kelas. Guru dan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar selama lagu bahasa Inggris diimplementasikan. Siswa sangat termotivasi dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas dan menikmati nyanyian lagu berbahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244878

Actions (login required)

View Item View Item