Using advance organizer to improve reading ability of the eight grade students at Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sawahan Nganjuk / Ainur Rofiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Using advance organizer to improve reading ability of the eight grade students at Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sawahan Nganjuk / Ainur Rofiq

Rofiq, Ainur (2014) Using advance organizer to improve reading ability of the eight grade students at Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sawahan Nganjuk / Ainur Rofiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofiq Ainur. 2014.Menggunakan Advance Organizeruntukmeningkatkankemampuanmembacasiswakelas VIII C di Madrasah Tsanawiyyah Al Fatah SawahanNganjuk. SkripsiS1 Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Pembimbing II EvyNurulLaily Zen. S.S. M.A. Kata kunci advance organizer kemampuanmembaca. 12288 12288 12288 12288 Kemampuanmembacasiswakelasdelapan Madrasah Tsanawiyyah Al Fatah SawahanNganjuktidakmemuaskan.Kebanyakansiswamempunyaimasalahdenganpenggunaankosa kata.Siswaseringmengeluhkanbetapasulitnyamemahamibacaansecarakeseluruhan.Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan advance organizer bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa di MTs. Al Fatah. Pembelajaraninifokuspadapenggunaanadvance organizerdalammeningkatkanmembaca narrative text siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian in menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dimanapenelitisebagai guru danjugasebagaipeneliti. Subyek dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas 8C di MTs Al Fatah. Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dua minggu secara keseluruhan. Pada tahap perencanaan peneliti membuat RPP instrument penelitian dan penentuan kriteria keberhasilan. Pada tahap pelaksanaan peneliti melaksanakan penelitian berdasarkan RPP yang telah dirancang. Pada tahap pengamatan peneliti mengumpulkan data tentang penggunaan advance organizer melalui test dan catatan. Pada tahap refleksi tahap refleksi ini dilakukan untuk mengetahui hasil penggunaan advance organizer dan untuk menelaah yang tidak hanya sebagai evaluasi tetapi sebagai pemandu informasi untuk merevisi perencanaan pembelajaran yang dipakai. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menemukan bahwa penggunaan advance organizer bisa meningkatkan kemampuan membaca narrative siswa. Adanya kriteria keberhasilan jika nilai rata-rata siswa bisa mencapai atau lebih dari 70. Hasil dari siklus 1 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 81.17 dengan 80.7% (20 siswa dari 26 siswa) nilai di atas SKBM. 19.30% (6 siswa) nilai di bawah SKBM dan tidak satupun mendapatkan nilai sama dengan SKBM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 81.19 dari 26 siswa 84.61% (22 siswa) mendapatkan nilai diatas SKBM 15 39% dari 4 siswa mendapatkan nilai dibawah SKBM dan tidak satupun mendapatkan nilai sama dengan SKBM. Hal itu bisa disimpulkan bahwa peneliti telah mencapai seluruh kriteria keberhasilan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris seharusnya lebih kreatif dalam menemukan tekhnik mengajar sehingga materi yang dipelajari bisa lebih mudah dimengerti oleh siswa. Salah satu tekhnik yang harus diperhatikan adalah penggunaan advance organizer bisa meningkatkan motivasi siswadalammembaca narrative. Bagi dosen bahasa Inggris hasil pembelajaran ini diharapkanbisaberkontribusidalam proses belajarmengajar khususnya dalam menggunakan advance organizer.Peneliti lain diharapkan untuk memadukan penelitian yang sejenis dengan kemampuan (menulis membaca mendengar berbicara) yang lain demi meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244872

Actions (login required)

View Item View Item