Using pictures to improve the listening competence of the seventh grade students of SMPN 18 Malang / A. Wiqoyil Islama - Repositori Universitas Negeri Malang

Using pictures to improve the listening competence of the seventh grade students of SMPN 18 Malang / A. Wiqoyil Islama

Islama, A. Wiqoyil (2014) Using pictures to improve the listening competence of the seventh grade students of SMPN 18 Malang / A. Wiqoyil Islama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islama A. Wiqoyil. 2014. Using Pictures to Improve The Listening Competence of The Seventh Grade Students of SMPN 18 Malang. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Furaidah M.A. Kata kunci gambar teks deskriptif kegiatan menyimak Hasil dari uji kemampuan menyimak siswa 7H SMPN 18 Malang sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa relatif rendah. Ketika guru berbicara dalam bahasa Inggris siswa tidak memberikan respon hingga guru memberikan gesture atau menjelaskan dalam bahasa Indonesia. Kegiatan pre-listening dalam rangkaian pengajaran menyimak dianggap bagian paling penting dalam memahami teks lisan. Ketika pengetahuan dasar siswa mengenai teks aktif siswa dapat lebih memahami teks bahkan ketika mereka tidak menangkap setiap potong suara. Untuk memastikan bahwa input bahasa asing dapat dipahami dibutuhkan penggunakan media visual dan dukungan kontekstual seperti gambar. Maka rumusan masalah dinyatakan sebagai berikut Bagaimana pengajaran bahasa Inggris melalui penggunaan gambar dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan kemampuan menyimak siswa kelas 7 SMPN 18 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan implementasi tindakan observasi dan refleksi. Peneliti melaksanakan penelitian dalam dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMPN 18 Malang tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain wawancara catatan lapangan rubrik penilaian dan tes menyimak. Dalam melakukan penelitian peneliti berkolaborasi dengan guru yang bertindak sebagai pengamat. Prosedur penelitian ini adalah sebagai berikut. Sebelum teks diperdengarkan diperlihatkan gambar mengenai teks pada siswa dan siswa membuat prediksi kata-kata dan frasa yang mungkin akan muncul dalam teks. Setelah mendengarkan teks siswa mendiskusikan prediksi yang mereka buat secara berpasangan. Terakhir guru memimpin diskusi kelas untuk mengkonfirmasi teks. Pada peretemuan ke dua peneliti memberikan tes menyimak untuk mengukur perkembangan kemampuan menyimak siswa. Berdasarkan temuan yang didapat penggunaan gambar dalam kegiatan menyimak dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Nilai rata-rata dari test kosakata 85 7. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan gambar dalam kegiatan menyimak dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas 7 di SMPN 18 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244865

Actions (login required)

View Item View Item