Using portofolio in the process-genre approach to improve the narrative writing skill / Verilis Nurhalesdeta Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Using portofolio in the process-genre approach to improve the narrative writing skill / Verilis Nurhalesdeta Nugraha

Nugraha, Verilis Nurhalesdeta (2015) Using portofolio in the process-genre approach to improve the narrative writing skill / Verilis Nurhalesdeta Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugraha Verilis Nurhales Deta. 2015. Penggunaan Portofolio dalam Pendekatan Proses-Genre untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naratif. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing I Prof. Dr. H. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Pembimbing II Prof. Dr. Yazid Basthomi S.Pd M.A. Kata kunci Kemampuan menulis teks naratif pendekatan proses-genre Portofolio. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI TKJ 3 SMKN 10 Malang menemui kesulitan dalam menulis. Permasalahan tersebut berhubungan dengan isi organisasi teks dan tatabahasa yang digunakan dalam menulis teks naratif. Permasalahan tersebut disebabkan oleh rendahnya minat peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris terutama dalam menulis pengajaran yang monoton serta teknik penilaian yang tidak berhasil mengungkap kemampuan menulis peserta didik yang sesungguhnya. Untuk menyelesaikan permasalah tersebut maka portofolio dalam pendekatan proses-genre diterapkan untuk meningkatkan kemapuan menulis naratif peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus dalam 8 pertemuan melalui empat tahap yang didahului dengan penelitian pendahuluan. Keempat tahap tersebut adalah perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah 34 peserta didik semester dua kelas XI -TKJ 3 SMK Negeri 10 Malang. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebagai berikut. Yang pertama adalah tahap BKoF yaitu pengenalan konsep portofolio yang dilanjutkan dengan pengenalan unsur kebahasaan dan struktur dari teks naratif melalui pemberian contoh dan latihan. Kedua tahap MoT yaitu pengenalan struktur naratif teks melalui pemberian contoh naratif teks dan latihan mengurutkan naratif teks yang diacak. Ketiga JCoT yaitu menulis teks narrative dalam kelompok melalui beberapa tahap yaitu pre-writing drafting revising editing. Yang terakhir adalah menulis teks naratif secara individu mengikuti pendekatan proses (ICoT). Setelah semua tulisan peserta didik di kumpulkan peserta didik merefleksi kelemahan dan kelebihan mereka dalam menulis melalui format penilaian pribadi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi ini meningkatkan kemampuan menulis teks narratif peserta didik. Pada akhir siklus lebih dari 75% peserta didik berhasil meningkatkan kemampuan menulis mereka lebih dari 10 poin dari hasil penelitian awal. Hal yang lebih utama adalah hampir seluruh peserta didik lebih antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan dua saran. Pertama untuk guru Bahasa Inggris dalam penggunaan strategi ini perlu adanya variasi kegiatan pembelajaran serta penggunaan media yang menarik. Hal ini perlu dilaksanakan karena pelaksanaan strategi ini dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk peneliti lain penelitian tentang portofolio sangat disarankan karena penelitian mengenai portofolio masih jarang dilaksanakan terutama dalam matapelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244861

Actions (login required)

View Item View Item