Developing technology-based supplementary reading materials for the 11th graders majoring in software engineering / Rafika Achmaddulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing technology-based supplementary reading materials for the 11th graders majoring in software engineering / Rafika Achmaddulana

Achmaddulana, Rafika (2015) Developing technology-based supplementary reading materials for the 11th graders majoring in software engineering / Rafika Achmaddulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Achmaddulana Rafika. 2015. Developing Technology-based Supplementary Reading Material for the Eleventh Graders Majoring in Software Engineering in Public Vocational High School 5 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Andi Muhtar M.A. (II) Drs. Kukuh Prayitno S. M.A. Kata Kunci materi membaca rekayasa perangkat lunak kelas XI Tujuan utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan materi tambahan membaca yang sesuai dengan silabus Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak semester 2 dan bisa digunakan untuk pembelajaran individual. Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwasannya peserta didik hanya menggunakan buku dari Dinas Pendidikan Nasional sebagai sumber belajar di dalam kelas. Tidak terdapat topic yang relevan dengan jurusan rekayasa perangkat lunak di dalam buku tersebut. Selain itu tenaga pengajar juga menemukan kesulitan untuk menyediakan materi tambahan yang sesuai dengan minat peserta didik. Oleh karena itu produk dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi yang baik dengan adanya variasi materi membaca beserta latihan-latihannya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Untuk mencapai tujuan penelitian tesebut peneliti mengadaptasi model penelitian dan pengembangan milik Borg dan Gall (1983 775) model tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa (1) peninjauan kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan materi (4) validasi ahli (5) revisi (6) uji coba dan (7) revisi produk akhir. Peninjauan kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kondisi lapangan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pengembangan materi. Perencanaan dilakukan untuk memetakan materi yang dibutuhkan berdasarkan hasil temuan di lapangan. Lalu hasil dari pemetaan materi duganakan sebagai dasar pengembangan materi. Validasi ahli ditujukan untuk mengevaluasi produk dengan memberikan komentar dan mengisi ceklist. Hasil dari validasi ahli tersebut kemudian dijadikan bahan pertimbangan sebelum nantinya berlanjut ke proses uji coba lapangan. Hasil dari studi ini berbentuk materi tambahan membaca berbasis HTML yag terdiri dari lima bab How to Do Things Learning from Others The World News Opinion and Great People. Setiap bab terdiri dari berbagai macam aktifitas yang akan membantu siswa memahami materi baca seperti quiz gap-filling crossword jumbled sentences and matching words. Petunjuk juga disertakan untuk membantu peserta didik dalam mengerjakan latihan secara individu. Produk dari penelitian ini telah divalidasi oleh ahli dan guru Bahasa Inggris serta telah direvisi berdasarkan komentar dan penilaian yang didapat. Setelah revisi dilakukan produk ini diujicobakan kepada 36 siswa kelas XI RPL di SMKN 5 Malang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 90% dari seluruh peserta didik setuju bahwa materi dari studi ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Peserta didik juga menyatakan bahwa desain dari materi baca ini cukup menarik dengan layout sederhana dan tulisan yang jelas. Selain itu peserta didik juga menyebutkan bahwa materi baca ini mudah dioperasikan karena memiliki instruksi dan petunjuk yang jelas. Selanjutnya materi baca ini direvisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh peserta didik selama proses uji coba. Oleh karena itu materi membaca tambahan hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pengajaran dan pembelajaran membaca. Produk ini juga berguna untuk medorong peserta didik belajar secara mandiri. Namun karena adanya keterbatasan dalam pelaksanaan penelitian dharapkan lagi adanya penelitian lebih lanjut untuk mencapai kesempurnaan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244857

Actions (login required)

View Item View Item