Using process approach to improve the ability to write descriptive texts of 7th graders of SMP Negeri 12 Malang / Nenny Juwita Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Using process approach to improve the ability to write descriptive texts of 7th graders of SMP Negeri 12 Malang / Nenny Juwita Andriana

Andriana, Nenny Juwita (2015) Using process approach to improve the ability to write descriptive texts of 7th graders of SMP Negeri 12 Malang / Nenny Juwita Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriana Nenny J. 2015.Using Process Approach to Improve the Ability to Write Descriptive Text of 7th Grader at SMP Negeri 12 Malang.Thesis. Undergraduate Program in English Language Education State University of Malang. Pembimbing (I) Dr. EnnyIrawati M.Pd. (II) InayatulFariha M.A Kata kunci pendekatan proses kemampuanmeulis teksdeskriptif Menulisadalahsalahsatuketerampilanberbahasa yang harusdikuasaiolehsiswaSekolahMenengahPertama.Akan tetapi menulistermasukketerampilan yang sulituntukdipelajariterutamauntuksiswa SMP dalamkonteksBahasaInggrissebagaibahasaasing. Hal inidibuktikandarihasilpreliminary study(penelitianawal) di SMP Negeri 12 Malang. Siswamemilikikemampuanmenulisteksdeskriptifyang rendahdengannilai rata-rata 59 46danberadapada level buruk.Olehkarenaitu penelitimelakukanpenelitiantindakankelasuntukmeningkatkankemempuansiswamenulisteksdeskriptifmenggunakanPendekatan Proses. Dalampenelitianini penelitibekerjasamadengan guru BahasaInggris. Subjekpenelitianadalahsiswakelas VII-A SMP Negeri 12 Malang denganjumlahsiswa 28.Penilitianinidilakukandalamsatusiklusselama 4 pertemuansesuaidengantahap-tahappenelitiantindakankelas yaituperencanaan penerapan observasi danrefleksi.Dalampenelitianiniterdapatduakriteriakesuksesan.Kriteriakesuksesan yang pertamaadalah 70% siswaaktifberpartisipasidalam proses belajarmengajar. Kriteriakesuksesan yang keduaadalahbagisiswa yang memilikinilai di bawah rata-ratasaatpenilitianpendahuluan merekaharusmeningktkannilaimerekasebanyak 15 poin.Sedangkanbagisiswa yang memilikinilai di atas rata-rata merekaharusmeningkatkannilaimerekasebanyak 10 poin.Dalammengumpulkan data penilitimenggunakanbeberapa instrument lembarobservasi catatanlapangan dantesketerampilanmenulis. Dalam penerapan Pendekatan Proses peneliti menambahkan satu tahap sebelum menerapkan kelima tahap Pendekatan Proses yaitu tahap modeling. Di tahap modeling guru memberikan contoh dari teks yang akan dipelajari dan contoh bagaimana melakukan prewriting dan drafting. Prewriting adalah kegiatan sebelum menulis. Sedangkan drafting adalah inti dari kegiatan menulis. Dalam tahap revising siswa mendapatkan feedback dari guru dan teman. Kemudian di tahap editing siswa melakukan proofreading dan peer-editing. Setelah itu siswa mempresentasikan tulisan mereka. Data yang diperolehdarihasiltulisansiswa lembarobservasi dancatatanlapanganmenunjukkanbahwaPendekatan Prosesdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksdeskriptif.Hal iniditunjukkandaripeningkatannilaipadatessiswa.Sebagian besar siswa meningkatkan nilainya sebanyak 30 poin. Hanya terdapat 2 siswa yang meningkatkan nilai mereka sebanyak 10 poin. Siswajugaditemukanaktifberpartisipasidalam proses belajarmengajar. Lebih dari 70% siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkanhasiltemuanpenelitianini berikut sangat disarankan kepada para guru untuk menggunakan Pendekatan Proses sebagai strategi mengajar. Beberapa saran daripenilitibagipara guru dalam menggunakan Pendekatan Proses (1) guru harusmemberikan model daritiaptahapanPendkatan Process (2) guru harusmenggunakan media pembelajaran yang interaktifdanmenarik dan (3) guru harusdapatmengaturwaktu. Kemudian kepada peneliti selanjutnya hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk referensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244855

Actions (login required)

View Item View Item