LOLCATZ, the twitter language: the construction of language in LOLCATZ / Anik Dwi Ulfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

LOLCATZ, the twitter language: the construction of language in LOLCATZ / Anik Dwi Ulfiyah

Ulfiyah, Anik Dwi (2015) LOLCATZ, the twitter language: the construction of language in LOLCATZ / Anik Dwi Ulfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfiyah Anik Dwi. Tahun 2015. LOLCATZ Bahasa Twitter Konstruksi Bahasa dalam LOLcat. Program Studi Bahasa Inggris fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A P.hD dan (II) Dr. Suharyadi M Pd Kata Kunci LOLcat dialek Internet permainan bahasa. LOLcat (juga ditulis LOLCATZ) merupakan permainan bahasa yang telah mendapatkan kepopulerannya sejak tahun 2007 dimana LOLcat mempunyai situsnya sendiri yaitu www.icanhascheezburger.com (sekarang www.icanhas.cheezburger.com ) atau disingkat menjadi ICHC. Twitter mengambil LOLcat sebagai salah satu opsi bahasa pada 8 Februari 2013. LOLcat berasal dari gambar kucing dengan tulisan-tulisan yang lucu. Fenomena ini membuktikan bahwa bahasa Internet sedang berkembang sampai sekarang. Fitur-fitur LOLcat telah diteliti oleh orang-orang asing yang asli berbahasa Inggris. Banyak peneliti yang meneliti tentang LOLcat. Tetapi kebanyakan menggunakan situs ICHC sebagai sumber data mereka. Sepengetahuan saya tidak ada riset tentang LOLcat yang diterbitkan di Indonesia. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengungkap rincian lebih dalam mengenai ciri-ciri penting tentang LOLcat dalam Twitter dengan menganalisa secara kata per kata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hal ini berarti bahwa peneliti meneliti obyek dalam setting alami berusaha memaknai atau menginterpretasikan fenomena sesuai pengertian yang dibawa oleh masyarakat. Seratus tujuh puluh delapan (178) data diambil dari situs Twitter. Lalu dari data tersebut dibuat menjadi empat belas (14) grup berdasarkan persamaan dari perubahan dan dikategorikan menjadi delapan (8) grup. Setiap grup dianalisa berdasarkan perubahan yang ada. Data yang diambil dibagi menjadi empat belas (14) grup berdasarkan persamaan dalam perubahan. Hasil analisis menunjukkan delapan (8) karakteristik dari bahasa LOLcat di Twitter (1) penggantian ejaan kata (2) penghilangan huruf (3) peminjaman karakteristik huruf lain (4) penjamakkan (5) penyederhanaan dengan mengadaptasi bunyi fonetik (6) ketidakberaturan (7) kata-kata baru and (8) kapitalisasi. Akan tetapi pelafalan kata-kata tersebut tetap sama meskipun pengeejaannya telah berubah. LOLcat merupakan permainan bahasa yang menunjukkan keahlian linguistik dari pengguna Internet maupun pembaca. Dengan adanya penelitian ini saya sebagai penulis menyarankan para peneliti untuk melakukan penelitian serupa tentang LOLcat terutama di Twitter karena bahasa LOLcat masih dalam proses uji coba yang memungkinkan adanya perbedaan data di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244850

Actions (login required)

View Item View Item