Developing reading cards as supplementary reading material for eleventh grade students of SMK Negeri 5 Malang / Firda Yuliani Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing reading cards as supplementary reading material for eleventh grade students of SMK Negeri 5 Malang / Firda Yuliani Pertiwi

Pertiwi, Firda Yuliani (2015) Developing reading cards as supplementary reading material for eleventh grade students of SMK Negeri 5 Malang / Firda Yuliani Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi F.Y. 2015. Developing Reading Cards as Supplementary Reading Materials for Eleventh Grader Students of SMK Negeri 5 Malang.Skripsi JurusanSastra Inggris Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. NunungSuryati M.Ed Ph.D. (II)Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. Kata kunci MateriTambahanMembaca KartuMembaca Kelas XI Tujuanutamadaripenelitiandanpengembanganini adalah untuk menghasilkan materi tambahan membaca dalam bentuk kartu membaca untuk peserta didik kelas XI. Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwasannya penguranganwaktupembelajaran Bahasa Inggris di kelasakibatdaripemberlakuanKurikulum 2013 membuat guru cenderunguntukkurangmemperhatikanketerampilanmembacadikarenakanteks-teksbacaan di bukupaketsiswa and pengembanganisi topik terlalu panjang dan kurang menarik. Oleh karena itu produk dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi alternatif dengan menyediakan teks-teks yang cukup pendek dan informatif dan latihan-latihan yang menantang serta dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Prosedur pengembangan penelitian ini adalah sebagai berikut (1)analisi kebutuhan (2)pengembahan meteri (3)validasi ahli (4)revisi (5)uji coba and (6)produk akhir. Analisi kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kondisi lapangan yang nantinya dijadikan sebagai dasar pengembangan produk. Pengembangan materi kemudian dikembangkan berdasarkan hasil uji analisis. Validasi ahli dilakukan untuk mengevaluasi produk secara detail dengan memberikan komentar dan mengisi checklist. Hasil dari validasi ahli tersebut kemudian dijadikan bahan pertimbangan sebelum nantinya berlanjut ke proses uji coba. Produk akhir dari studi ini adalah 10 kartu membaca berwarna. Setiap kartu berisi sebuah teks informatif dan 25 butir soal yang menantang kemanpuan berbahasa inggris peserta didik. Topik di teks tersebut telah disesuaikan dengan silabus dan buku paket bahasa inggris yang dimiliki peserta didik. Perkembangan topik-topik tersebut dirancang dan disesuaikan dengan umur dan ketertarikan siswa kelas XI yang dapat dikategorikan sebagai remaja.Pilihan ganda benar-salah melengkapi dan analisi grammar adalah macam-macam latihan yang melengkapi kartu membaca ini. Selain itu design kartu yang menarik dan penuh warna membuat produk ini menjadi lebih menarik. Produkdaripenelitianinitelahdivalidasiolehahlidan guru BahasaInggris.Kemudian peneliti melakukan revisi berdasarkan padakomentardanpenilaian yangdiberikan oleh kedua validator. Revisi yang dilakukan terfokus pada tampilan produk. Setelahrevisiterlselesaikan produktersebutdiujicobakankepada30 siswakelasXI TeknikKomputerdanJaringan (TKJ) SMKNegeri 5 Malang.Hasilnya menunjukkan bahwa kebanyakan dari peserta didik tertarik dan menikmati aktivitas membaca karena isi dari teks yang mereka baca tak asing bagi mereka. Lebih lanjut mereka menyatakan bahwa kartu membaca ini mampu membatu mereka mengembangkan kemampuan membaca mereka dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu bahan bacaan tambahan hasil dari penelitianini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengajar dan pembelajaran membaca bahasa inggris di kelas maupun di luar kelas. Namun dikarena batasan-batasan yang terjadi saat penelitian diharapkan adanya lagi penelitian and pengembangan tema yang sama peneliti diharapkan untuk mengembangkan peta lebih rinci berkaitan dengan kemampuan membaca apa akan dikembangankan dan kompetensi dasar di kurikulum kemudian mengembangkan materi produk berdasarkan hal-hal tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244843

Actions (login required)

View Item View Item