Representing patriarchal issues in Madurese familty a novel: the Girl from Bracelet / Dwi Ratih Ramadhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Representing patriarchal issues in Madurese familty a novel: the Girl from Bracelet / Dwi Ratih Ramadhany

Ramadhany, Dwi Ratih (2015) Representing patriarchal issues in Madurese familty a novel: the Girl from Bracelet / Dwi Ratih Ramadhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhany D. R. 2015. Representing Patriarchal Issues in Madurese Family A Novel The Girl from Bracelet. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Inayatul Fariha S.S M.A. 2) Drs. Kukuh Prayitno S. M.A Kata Kunci patriarki Madura the girl from bracelet The Girl from Bracelet adalah sebuah novel yang merepresentasikan isu patriarki dalam norma-norma tradisional yang ada pada keluarga dan pernikahan. Studi ini fokus pada karya sastra yang mengeksplorasi isu-isu melalui kajian gender terutama isu sistem patriarki dalam lingkup budaya tertentu. Nilai-nilai tradisional mitos dan agama menjadi poin penting yang harus diperhatikan dalam budaya lokal kontemporer untuk mengidentifikasi berbagai aspek patriarki yang dilanggengkan terutama di Madura sebagai latar tempat dan budaya pada novel. Novel ini merupakan sebuah upaya untuk menunjukkan kegelisahan yang dialami oleh penulis tentang seorang perempuan yang sebenarnya telah memiliki kesadaran atas posisi kaumnya yang selama ini berada pada posisi subordinasi. Selain itu novel ini merupakan sebuah media untuk mengomunikasikan gagasan-gasasan dari penulis melalui teks dan menyampaikan isu studi gender dengan estetika bahasa dan unsur cerita yang mampu memunculkan beragam interpretasi. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk mengungkapkan hasil dari penelitiannya melalui novel sehingga pembaca tidak hanya memperoleh wawasan tentang masalah patriarki dalam budaya keluarga Madura tetapi juga alur cerita yang melodramatis untuk memenuhi kebutuhan akan pengetahuan sekaligus menghibur penulis maupun pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244842

Actions (login required)

View Item View Item