The construct validity of the English reading test of the 2014 National Examination for the Senior High School / Lailis Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

The construct validity of the English reading test of the 2014 National Examination for the Senior High School / Lailis Sa'adah

Sa'adah, Lailis (2015) The construct validity of the English reading test of the 2014 National Examination for the Senior High School / Lailis Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailis Sa adah. 2015. Validitas Konstruk pada Butir Soal Tes Membaca Bahasa Inggris pada Ujian Nasional 2014 untuk Sekolah Menengah Atas.. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dra. Sri Andreani M. Ed. Kata kunci validitas konstruk tes membaca ujian nasional kisi-kisi soal ujian. Ujian Nasional diselenggarakan untuk menyeragamkan kualitas pendidikan pada semua tingkat dan wilayah di Indonesia. Sebagai tes yang digunakan dalam tingkat nasional ujian nasional harus memenuhi semua kriteria sebagai tes yang baik. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah validitas dari sebuah tes. Sebuah tes dikatakan sebagi tes yang valid jika tes tersebut benar-benar mengukur apa yang hendak diukur. Fokus utama dari vaiditas tes dalam penelitian ini adalah validitas konstruk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji validitas konstruk pada tes membaca dari Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 untuk sekolah menengah atas dengan meninjau kecocokan dari SKL dengan kisi-kisi ujian dan butir soal tes membaca meneliti bukti empiris dari validitas konstruk dan mengevaluasi reliabilitas theta dari tes. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk memberikan informasi yang sistematis tentang validitas konstruk dari tes membaca pada Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 untuk sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan satu set tes membaca dari Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 untuk sekolah menengah atas sebagai sample dari seluruh populasi. Data yang digunakan untuk mengevaluasi kecocokan dari SKL dan kisi-kisi ujian diperoleh dari BSNP dan Balitbang-Kemendikbud. Data yang digunakan untuk menganalisa validitas konstruk dan reliabilitas theta dari tes diperoleh dari hasil pengujian ulang tes membaca pada ujian nasional Bahasa Inggris 2014 untuk sekolah menengah atas pada sumber data yang dapat diakses. Untuk menguji butir soal mana yang benar-benar konsisten mengukur faktor berdasarkan teori yang ada pada kisi-kisi maka penilitian ini menggunakan Analisis Faktor Konfirmatori (CFA). Reliabilitas theta diukur secara manual dengan rumus milik Carmine dan Zeller. Reliabilitas theta mengindikasikan kekonsistenan dari sebuah tes untuk menghasilkan hasil yang kosisten. Berdasarkan pada temuan penelitian terdapat 6 faktor yang terbentuk berdasarkan pada kecocokan dari SKL dengan kisi-kisi ujian dan kisi-kisi ujian dengan butir soal dari tes membaca di ujian nasional Bahasa Inggris 2014 untuk sekolah menengah atas. Keenam faktor yang terbentuk itu adalah Gambaran Umum Informasi Tertentu Informasi Tersirat Rujukan Kata Pikiran Utama dan Informasi Rinci. Sebanyak 31 butir soal tersebut didistribusikan ke 6 faktor yang telah terbentuk. Sesuai dengan hasil analisis faktor ada 13 butir soal yang terbukti secara empiris bahwa benar-benar konsisten mengukur berdasarkan pada indikator yang tertulis di kisi-kisi ujian dan SKL. Ketiga belas butir soal tersebut benar-benar memuat 6 faktor yang terbentuk. Koefisien dari reliabilitas theta adalah .764. Koefisien dari reliabilitas theta tersebut menunjukan tingkat reliabiltas suatu tes untuk mengukur indikator tertentu yang telah ditetapkan di kisi-kisi ujian dan SKL. Berdasarkan pada temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kisi-kisi ujian tidak mencakup semua material yang dirancang di SKL. Hal ini mengindikasikan bahwa tes membaca pada Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 kurang sesuai dengan indikator yang tertulis pada kisi-kisi yang berdasarkan pada SKL. Hasil empiris menyatakan bahwa 41.99% (13 butir soal) dari butir soal tes membaca pada Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 menunjukan bahwa butir tersebut benar-benar secara konsisten memuat enam faktor yang telah terbentuk. Dapat dikatakan bahwa tes membaca pada Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 kurang memiliki validitas konstruk. Koefisien theta dari tes adalah .764. Dikarenakan theta koefisien lebih besar dari .75 maka tes ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Ini mengindikasikan bahwa sebuah butir soal dari tes membaca pada Ujian Nasional Bahasa Inggris 2014 berpotensi untuk menghasilkan hasil tes yang konsisten. Berdasarkan pada penemuan tersebut peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menguji validitas konstrak pada jenis tes yang lainnya memperbanyak jumlah sample penelitian menguji jenis lain dari validitas test menerapkannya pada keahlian bahasa lainnya selain kemampuan membaca pada versi terbaru dari Ujian Nasional Bahasa Inggris dan menganalisa karakteristik dari tes yang baik. Selain itu pembuat soal disarankan untuk melaksanakan ujian percobaan terlebih dahulu sebelum mengujikan tes tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244840

Actions (login required)

View Item View Item