The use of intralingual subtitle in animation video and Vocabulary Self-collection Strategy (VSS) to improve the 7th graders' vocabulary mastery at SMPN 13 Malang / Dias Tiara Putri Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of intralingual subtitle in animation video and Vocabulary Self-collection Strategy (VSS) to improve the 7th graders' vocabulary mastery at SMPN 13 Malang / Dias Tiara Putri Utomo

Utomo, Dias Tiara Putri (2016) The use of intralingual subtitle in animation video and Vocabulary Self-collection Strategy (VSS) to improve the 7th graders' vocabulary mastery at SMPN 13 Malang / Dias Tiara Putri Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Dias Tiara Putri. 2015. Penggunaan Intralingual Subtitle dalam Video Animasi dan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 7 di SMPN 13 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Bambang Yudi Cahyono M. Pd. MA Ph. D. (II) Siti Muniroh S.Pd. MA Kata kunci penguasaan kosakata intralingual subtitle dalam video animasi Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) tanggapan siswa Sebagai salah satu dari komponen kebahasaan kosakata merupakan komponen yang penting untuk dapat menguasai kemampuan kebahasaan. Penelitian ini dilakukan karena siswa kelas 7A yang diajar oleh peneliti pada saat program Kajian Praktek Lapangan memiliki masalah kosakata. Hasil tes kosakata pada observasi awal menunjukkan bahwa 23 (66%) dari 35 siswa mencapai nilai di bawah KKM untuk mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 13 Malang yaitu 75. Masalah ini perlu diselesaikan karena kelas 7 harus disiapkan sebelum menghadapi jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan intralingual subtitle dalam video animasi dan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 7 SMPN 13 Malang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan untuk dua pertemuan dalam satu siklus dan terdiri dari empat langkah (merencanakan melaksanaan tindakan mengamati dan merefleksi). Subyek penelitian adalah siswa kelas 7A di SMPN 13 Malang tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara untuk guru bahasa Inggris catatan observasi video kuesioner dan tes kosakata. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 75% dari siswa mencapai skor sama atau lebih tinggi dari 75 dalam tes kosakata dan 75% dari siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap pelaksanaan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 83% dari siswa atau 29 dari 35 siswa mencapai nilai yang sama atau lebih tinggi dari nilai kelulusan menunjukkan bahwa penggunaan intralingual subtitle dalam video animasi melalui VSS meningkatkan penguasaan kosakata siswa (2) langkah-langkah pelaksanaan penggunaan subtitle intralingual dalam video animasi melalui VSS dirumuskan sebagai berikut. 1) Siswa menonton video animasi dengan intralingual subtitle. Namun sebelum menonton video para siswa diminta untuk memilih satu kata dari video yang mereka dianggap penting menarik atau asing untuk mereka. 2) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 sampai 4 anggota masing-masing kelompok. Jadi ada 3 sampai 4 kata yang dipilih untuk masing-masing kelompok. 3) Siswa mengisi grafik VSS yang terdiri dari satu lingkaran dan empat kotak. 4) Setiap kelompok mempresentasikan karya untuk seluruh kelas. 5) Para siswa dan guru menganalisis daftar kata yang telah ditulis di papan tulis dan (3) sekitar 90% dari siswa menunjukkan tanggapan positif selama proses belajar mengajar menunjukkan bahwa penggunaan intralingual subtitle dalam video animasi melalui VSS membuat siswa menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan strategi. Penggunaan intralingual subtitle dalam video animasi dan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) dapat menyelesaikan masalah pada penelitian ini karena siswa terlibat secara aktif dengan kata-kata dalam pembelajaran dan berpartisipasi secara langsung dalam berbagai kegiatan kelas. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bahwa guru bahasa Inggris terutama guru kelas 7 untuk menerapkan penggunaan intralingual subtitle dalam video animasi melalui VSS sebagai strategi alternatif untuk mengajarkan kosakata. Peneliti juga menyarankan agar peneliti selanjutnya menguasai aplikasi subtitling sehingga mereka dapat menggunakan video apa saja yang mereka inginkan. Peneliti mengalami kesulitan dalam memilih video yang cocok karena tidak menguasai aplikasi subtitling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244836

Actions (login required)

View Item View Item