Developing speaking board game for eleventh graders of SMAN 1 Slahung / Wahyu Purwo Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing speaking board game for eleventh graders of SMAN 1 Slahung / Wahyu Purwo Jatmiko

Jatmiko, Wahyu Purwo (2015) Developing speaking board game for eleventh graders of SMAN 1 Slahung / Wahyu Purwo Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmiko Wahyu Purwo. 2015. Pengembangan Speaking Board Game untuk Kelas Sebelas SMAN 1 Slahung. Skripsi S1 Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Hayati S. Pd. M. Ed. (II) Dr. Arwijati Murdibjono Dip. TESL. M. Pd. Kata kunci papan permainan berbicara siswa kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk membantu pengajaran speaking pada siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung. Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk papan permainan yang terdiri dari sebuah papan sebuah dadu limapuluh kartu sebuah petunjuk permainan dan petunjuk untuk guru serta sebuah kotak sebagai alat untuk menyimpan semua komponen Speaking Board Game. Materi pembelajaran dalam Speaking Board Game ini didasarkan pada fungsi bahasa yang diajarkan pada kelas XI semester satu. Fungsi bahasa tersebut adalah (1) Mengabulkan permintaan (2) Mengungkapan kepuasan dan ketidakpuasan (3) Meminta pendapat (4) Memberikan pendapat (5) Memperingatkan dan (6) Memberikan nasehat. Penelitian ini mengadaptasi desain Penelitian dan Pengembangan dari Hyland (2003). Ada tujuh langkah yang telah dimodifikasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) Need Analysis (2) Product Development (3) Product Validation (4) First Product Revision (5) Product Try-out (6) Final Product Revision and (7) Producing Final Product. Kuisioner siswa dan wawancara guru dilaksanakangunamengumpulan data pada langkah need analysis. Ceklis validasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berguna untuk memvalidasi produk dan melakukan revisi produk yang pertama. Lembar observasi kuisioner siswa dan guru digunakan untuk mengumpulkan data selama uji coba produk untukmengetahui respon guru dan siswa sertauntuk melakukan revisi akhir dari produk yang dikembangakan. Ada tiga revisi yang dilakukan pada produk Speaking Board Game yaitu revisi pada kartu revisi pada diksi dan revisi pada petunjuk permainan. Uji coba yang dilaksanakan pada hari Selasa 17 November 2015 dengan subyek dua grup yang masing-masing grup terdiri dari empat siswa. Data yang diperoleh dari kuisioner siswa dan guru serta lembar observasi peneliti menunjukan bahwa Speaking Board Game mampu mendorong siswa untuk lebih aktif membuat mereka percaya diri untuk berbicara memberikan pengetahuan baru serta memungkinkan mereka untuk praktik speaking dengan teman mereka dengan cara yang menyenangkan. Semua siswa yang menjadi subyek uji coba mengatakan bahwa secara umum Speaking Board Game membantu mereka untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Speaking Board Gametelah mengakomodasi kebutuhan siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung akan media pembelajaran yang dapat membantu mereka melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris.Beberapa langkah valid seperti product validation and product try-outtelah menjadikan Speaking Board Game sebuah produk yang valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran speaking. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan produk yang mampu melengkapi kelemahan dari Speaking Board Game. Selain itu penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan produk yang bisa mencakup materi yang lebih luas karena Speaking Board Game hanya mencakup fungsi bahasa saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244834

Actions (login required)

View Item View Item