The perspective of freedom in cloud atlas: the Orison of Sonmi-451 the Novel / Adienda Dewi Saraswati Lailil Nufadhila - Repositori Universitas Negeri Malang

The perspective of freedom in cloud atlas: the Orison of Sonmi-451 the Novel / Adienda Dewi Saraswati Lailil Nufadhila

Nurfadhila, Adienda Dewi Saraswati Laili (2015) The perspective of freedom in cloud atlas: the Orison of Sonmi-451 the Novel / Adienda Dewi Saraswati Lailil Nufadhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saraswati Adienda D. 2015. MengejarKebebasandalam Novel Cloud Atlas The Orison of Sonmi-451. JurusanBahasadanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing M. NasrulChotib InayatulFariha S. S. M. A. Keywords Freedom self-liberation libertarian anarchism Gagasankebebasandipandangsangatpentingdalamkehidupanmanusia. Kebebasantelahdiakuisebagaisalahsatuhakasasidasarmanusia namunmasihbanyakmasalah yang melingkupipikirankebebasan ini sehinggadiskusintentangkebebasanmasihterusberlangsung. Penelitian ini bertujuanuntukmenganalisa proses pemerolehankebebasan yang dialamiolehkarakter Sonmi-451 danmengungkap ide-ide filosofis yang terdapat di dalam ide kebebasan yang digagasolehSonmi. Dalamstudi ini penelitimengamatfaktor-faktor yang berperandalampembebasan-diriSonmi tokohdarigolongantertindas dimanapenindasan ini direpresentasikandalambentukmanipulasidanpembudakan. Penelitian ini menggunakanteorieksistentialis yang ditulisoleh Kant Sartre dan Heidegger untukmenganalisakeseluruhan proses aksuisisikebebasan. Penelitian ini menunjukkanbahwauntukmencapaipembebasan-diri Sonmisebagaiobyekpenindasantersebut pertama kali harusmenyadarikesadarannyasendiri. Kesadaran ini adalahjalansatu-satunyauntukmenyadarirealita yang berlangsungdanmemicukeinginanuntukmenempatkandiridalamkondisi yang lebihbaik. Kemudian iaharusmendidikdirinyasendiridenganpegetahuankondisional yang akanmembuatiabisamemahamikondisi di sekitarnyadanmemberikekuatanuntukberjuang demi kebebasan. Dalam ide kebebasan yang diusungSonmii terdapatnilai-nilaifilosofi anarchism dan libertarian yang terlihatdalamkeinginanSonmiuntukmenghancurkansistempemerintahan yang adasebelummenggantinyadengan yang lebihbaik sertadalamtujuannyauntukmemberipemahamanbahwa self-property hanyadapatdimilikiolehsetiapindividu. Penelitian ini berakhirdengankesimpulanbahwagagasankebebasanadalahsuatuketidakmungkinantanpapembebasan-diri dimanapembebasan-diriitusendirijugatidakmungkintanpaadanyakesadaranterhadapkesadaranmanusiaitusendirisertapendidikanuntukdirisendiri yang berlangsungsecaraterusmenerus. Mekanismegagasankeebasan ini sesuaidengangagasantentagkebebasan yang dibawaoleh para eksistentialis. Hanyadenganbegitulahkemudianseseorangdapatmengajukankebebasanuntukkelompok lain. Penelitian ini jugamenyingkapbahwafilosofi anarchism dan libertarian terkadangdiperlukanketikaperubahanradikaldalammemperjuangkankebebasandipandangmempunyaipengaruh yang penting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244831

Actions (login required)

View Item View Item