The Use of the first language during the English teaching process in SMA N 6 Malang / Rossy Intyas Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

The Use of the first language during the English teaching process in SMA N 6 Malang / Rossy Intyas Sari

Sari, Rossy Intyas (2017) The Use of the first language during the English teaching process in SMA N 6 Malang / Rossy Intyas Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari R.I. Penggunaan Bahasa Pertama pada Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Dr. Suharyadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci bahasa pertama guru bahasa Inggris proses pembelajaran bahasa Inggris Penggunaan bahasa pertama pada proses pembelajaran bahasa Inggris telah menjadi isu perdebatan sejak lama. Permasalahan mengenai perlu tidaknya bahasa pertama digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dan batasan penggunaan bahasa pertama yang diperbolehkan masih menjadi kontroversi. Beberapa penelitian telah dilakukan berkaitan dengan permasalahan ini. Tetapi penelitian-penelitian tersebut dilakukan di tingkat sekolah dasar dan sekolah tinggi. Selain itu penelitian-penelitian tersebut juga didominasi oleh survey. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan di tingkat sekolah menengah dengan desain penelitian mendalam dengan tujuan untuk mengisi kekurangan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif khususnya studi kasus. Hal tersebut dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penggunaan bahasa pertama pada proses pembelajaran bahasa Inggris secara mendalam. Studi kasus yang digunakan bersifat penjabaran atau penjelasan karena penelitian ini dimaksudkan untuk menjabarkan cara dan alasan guru menggunakan bahasa pertama pada kesempatan tertentu selama proses pembelajaran bahasa Inggris. Subyek dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris kelas X and kelas XII di SMA N 6 Malang. Penelitian ini menggunakan observasi interview dan pengumpulan dokumen terkait sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Prosess observasi pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan berulang interview mendalam dengan guru bahasa Inggris dan triangulasi yang mencakup triangulasi teori dan triangulasi data dilakukan untuk meningkatkan keabsahan data yang diperoleh. Proses analisis data dilakukan selama dan setelah proses pengumpulan data. Proses ini melibatkan penyederhanan data penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau pembuktian. Kesimpulan sementara diambil pada setiap siklus pengumpulan data. Kesimpulan akhir didapatkan saat data baru yang masuk tidak merubah kesimpulan yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil yang didapat dari proses analisa data terdapat empat belas kesempatan penggunaan bahasa pertama oleh guru bahasa Inggris selama proses pembelajaran empat cara guru dalam menggunakan bahasa pertama dan sebelas alasan guru dalam menggunakan bahasa pertama pada kesempatan dan dengan cara yang telah disebutkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244818

Actions (login required)

View Item View Item