College students' perceptions toward Computer Assisted Language Learning (CALL) and non-CALL / Enggar Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

College students' perceptions toward Computer Assisted Language Learning (CALL) and non-CALL / Enggar Wulansari

Wulansari, Enggar (2017) College students' perceptions toward Computer Assisted Language Learning (CALL) and non-CALL / Enggar Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulansari Enggar. 2017 Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis Komputer (CALL). Skripsi.Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. (II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Kata Kunci Mahasiswa Persepsi Pembelajaran berbasis komputer (CALL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis komputer (CALL). Dan Non-CALL. Penelitian ini berfokus pada persepsi mahasiswa terhadap CALL. Dalam kasus ini persepsi mahasiswa terhadap CALL menjadi kunci utama atas kemampuan siswa dalam menerapkan pengunaan CALL dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan survey. Peserta dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah memiliki pengalaman dalam menggunakan CALL dan Non-CALL dalan kegiatan proses belajar dan mengajar bahasa inggris. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi 22 pertanyaan yang diisi oleh 30 peserta dan wawancara dengan 12 peserta. Data dikumpulkan pada bulan Oktober-November 2016 di Universitas Negeri Malang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peserta memiliki persepsi yang baik terhadap CALL untuk belajar bahasa inggris dan mereka juga merasa bahwa antusiasme perilaku dan keahlian yang dimiliki guru dalam pengunaan CALL juga mempengaruhi entusiasme perilaku dan keahlian mereka. Hasil penelitian juga menemukan bahwa peserta juga merasa bahwa mereka memiliki keahlian dan keintegrasian komputer yang baik. Namun peserta menemukan bahwa sangat sulit untuk fokus dalam pembelajaran karena banyaknya gangguan dalam CALL. Dapat disimpulkan bahwa peserta menunjukan persepsi yang baik terhadap CALL namun mereka belum memiliki wawasan dan praktek dalam aktivitas berbasis CALL. Hal ini menyebabkan peserta menggunakan CALL terutama Internet sebagian besar untuk mencari hiburan. Dari hasil penelitian dan diskusi disarankan agar Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang seharusnya lebih mendorong impplementasi Blended Learning (Pembelajaran Campuran) dalam kegiatan belajar dan mengajarnya dan dosen seharusnya menyatukan CALL dalam kelas-keals mereka mengingat potensi dan kebutuhan siswa dan persepsi baik mereka terhadap CALL. Peneliti selanjutnya dapat meneliti topik yang berhubungan dengan CALL yang belum diteliti secara mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244817

Actions (login required)

View Item View Item