The use of code-mixing in electronic market forum in Kaskus.co.id / Sindhualif Hanumagusta - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of code-mixing in electronic market forum in Kaskus.co.id / Sindhualif Hanumagusta

Hanumagusta, Sindhualif (2017) The use of code-mixing in electronic market forum in Kaskus.co.id / Sindhualif Hanumagusta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanumagusta Sindhu. 2017. Penggunaan Code-mixing di Forum Pasar Elektronik di KasKus.co.id. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Aulia Apriana S.S. M.Pd. Pembimbing II Dr. Suharyadi S.Pd M.Pd. Kata kunci Penggabungan bahasa forum komunitas pasar online Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis penggabungan bahasa yang terjadi pada FJB Kaskus dan bagaimana faktor terjadinya penggabungan bahasa yang digunakan antar anggota Forum Jual Beli Kaskus. Kaskus adalah forum online terbesar untuk forum diskusi dan jual beli. Awalnya didirikan di U.S oleh tiga calon siswa Indonesia Andrew Darwis dan dua teman kuliahnya di University of Seattle pada tahun 1999. Teknik pengumpulan data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan karakteristik penelitian. Karena teknik tersebut menggambarkan pengabungan bahasa dan menggambarkan fenomena bahasa yang digunakan dalam pendekatan kalimat dalam komunitas internet yaitu FJB Kaskus. Sumber data ini diambil dengan mengamati percakapan yang terdapat di dalam forum terutama di bagian jual beli dan pengumpulan data membutuhkan waktu satu minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insertion sebagian besar muncul pada jawaban pertama dari penelitian ini karena insertion melibatkan penggabungan item leksikal atau keseluruhan susunan dari satu bahasa ke dalam struktur bahasa lain yang sering digunakan oleh sebagian besar anggota FJB di KasKus. . Dan ada enam jawaban untuk pertanyaan kedua yang didasarkan pada teori Kim (2006 43) yaitu social community situation prestige speaker and partner speaking vocabulary and bilingualism. Faktor yang paling berpengaruh dari jawaban keenam yang mempengaruhi anggota FJB KasKus untuk menggabungan bahasa adalah social community hal ini karena objek penelitian adalah milik komunitas sosial online itu sendiri dan mereka cenderung menggunakan penggabungan bahasa untuk menunjukkan siapa mereka atau untuk menunjukkan bahwa mereka berdiri untuk kelompok tertentu. Kesimpulannya mengapa anggota kelompok cenderung menggabungkan bahasa hal tersebut karena mereka memiliki hobi dan minat yang sama. Mereka berkomunikasi di media sosial FJB Kaskus. Dalam FJB Kaskus orang bebas menggunakan Bahasa apapun ada begitu banyak istilah atau kata yang digunakan dalam bahasa inggris yang hanya bisa dipahami antar anggota dalam kelompok ini. Itulah sebabnya orang dalam kelompok ini sering menggabungkan bahasa mereka. Dan yang terakhir mereka menggabungkan bahasa agar komunikasi mereka menjadi lebih mudah karena penggabungan bahasa membuat percakapan mereka lebih singkat. Peneliti berharap agar tesis ini bermanfaat bagi pembaca pelajar dan juga peneliti masa depan di bidang akademis maupun nonakademis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244816

Actions (login required)

View Item View Item