"Hay Spoder": lexical creativity in language use in Spoderman comic strips / Liga Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

"Hay Spoder": lexical creativity in language use in Spoderman comic strips / Liga Irawan

Irawan, Liga (2018) "Hay Spoder": lexical creativity in language use in Spoderman comic strips / Liga Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Liga. 2018. Hay Spoder Kreativitas Kata dalam Bahasa yang Digunakan di Komik Strip Spoderman. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. dan Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. Kata kunci analisa kesalahan kreativitas berbahasa kreativitas kata komik strip komik Spoderman 9gag Baru-baru ini media terkemuka seperti 9gag mendapatkan perhatian yang cukup besar. 9gag mewadahi orang-orang untuk saling bertukar unggahan khususnya mim. Terdapat banyak sekali mim yang diproduksi di 9gag salah satunya berbentuk komik strip Spoderman yang dikenal karena menggunakan kesalahan berbahasa yang disengaja sebagai cirinya. Kata-kata di dalam bahasa yang digunakan oleh komik Spoderman terlihat tidak terstruktur serta mengandung banyak sekali saltik dan kesalahan tetapi pembaca komik dapat membacanya tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola bagaimana cara membuat bahasa (atau kata yang mengandung kesalahan) dalam komik strip Spoderman yang diunggah di 9gag. Setelah data dikumpulkan analisis dilakukan secara kuantitatif dengan bantuan AntConc 3.4.4w 2014. Tahap ini diambil untuk mengatasi beberapa kata yang memiliki makna sama namun ditulis dalam bentuk yang berbeda. Analisis dilanjutkan secara kualitiatif menggunakan teori dari Elliot dan Johnson (2008) sebagai kerangka analisis. Terdapat dua dari tiga kategorisasi yang dimbil yaitu bentuk berdasarkan bunyi dan bentuk berdasarkan penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata-kata dalam bahasa yang digunakan di komik strip Spoderman dibuat melalui tiga langkah utama. Langkahlangkah tersebut adalah menirukan pengucapan dari kata yang sebenarnya membuat beberapa kretivitas (kesalahan yang disengaja) dalam penulisannya atau kombinasi dari keduanya. Langkah-langkah tersebut kemudian dibagi dalam delapan pola yang menjadi cara untuk menciptakan kata-kata tersebut menirukan cara pengucapannya menuliskannya sebagai satu alfabet menghilangkan huruf vokalnya menghapus huruf terakhirnya menghapus salah satu huruf yang ganda menambahkan huruf yang tidak diperlukan mengganti urutan dua huruf mengubah salah satu huruf vokalnya. Sehubungan dengan theory of sign yang digagas oleh Saussure (1959) pola-pola creativitas kata ini hanya memanipulasi bentuk kata tanpa mengubah makna kata. Terdapat tiga anjuran yang disarankan untuk penelitian kedepannya. Pertama menggunakan lebih banyak data mengenai kata-kata yang sulit diidentifikasi dan teori lainnya yang mendukung sebagai kerangka analisis dapat menjawab ketidakpastian dari kata-kata tersebut. Kedua menggunakan analisa kesalahan ini terhadap komik strip yang lainnya. Ketiga menggunakan data yang cukup mengenai kata-kata serupa yang terjadi dalam percakapan daring dapat menghasilkan langkah-langkah untuk membuat kata-kata tersebut dalam konteks komunikasi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244814

Actions (login required)

View Item View Item