Using “In the News” strategy to improve the eleventh grade students’ reading comprehension of hortatory texts / Aminatu Sholichatin Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Using “In the News” strategy to improve the eleventh grade students’ reading comprehension of hortatory texts / Aminatu Sholichatin Ulya

Ulya, Aminatu Sholichatin (2018) Using “In the News” strategy to improve the eleventh grade students’ reading comprehension of hortatory texts / Aminatu Sholichatin Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Ulya A. S. 2018. Using In the News Strategy to Improve the Eleventh Grade Students Reading Comprehension of Hortatory Texts. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (II) Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata kunci Strategi In the News keterampilan membaca teks hortatory Sekolah Menengah Atas Ada dua masalah di kelas XI program Bahasa di SMA Negeri 9 Malang yaitu (1) 70% nilai siswa rendah dan di bawah skor standar yaitu 85 (2) siswa pasif di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan strategy In the News . Strategy ini terdiri dari lima langkah yaitu (1) membagi kelas menjadi grup kecil (2) memberi tugas ke grup untuk membaca teks yang berbeda (3) meminta grup untuk mendiskusikan teks tersebut (4) meminta perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi dan (5) meminta mereka untuk membuat kesimpulan. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi (Kemmis dan McTaggart 1988). Instrumen dari penelitian ini adalah test keterampilan membaca dan daftar pengamatan. Data tersebut dianalisis melalui analisis persentasi. Kriteria sukses yaitu (1) 70% siswa mendapatkan kenaikan 10 poin di tes membaca dan (2) 70% dari mereka menunjukkan tanggapan positif terhadap penerapan strategi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dari siklus yang kedua menunjukkan bahwa 94.2% dari siswa mendapatkan kenaikan 10 poin dan (2) 95% dari mereka menunjukkan tanggapan positif terhadap strategi ini. Sehingga dapat di simpulkan bahwa penerapan dari strategi ini mencapai kriteria sukses. Partisipasi siswa selama berdiskusi and dorongan dari guru menentukan kesuksesan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penemuan penelitian ini memberikan beberapa saran. Guru Bahasa Inggris disarankan untuk mengimplementasikan strategi In the News sebagi alternatif untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca siswa. Peneliti selanjutnya direkomendasikan menggunakan hasil dari peneltian ini sebagai rujukan untuk mengadakan penelitian dalam bidang yang sama di level yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244812

Actions (login required)

View Item View Item