Using recount planner to enhance the eighth graders' ability in writing recount texts / Luthfi Mahdya Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Using recount planner to enhance the eighth graders' ability in writing recount texts / Luthfi Mahdya Susanti

Susanti, Luthfi Mahdya (2018) Using recount planner to enhance the eighth graders' ability in writing recount texts / Luthfi Mahdya Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Luthfi Mahdya. 2018. Penggunaan Recount Planner untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa Kelas Delapan. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Andreani M.Ed. (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci Menulis Teks Recount Recount Planner. Kegiatan menulis adalah sebuah kegiatan menemukan mengembangkan menyusun dan mengkomunikasikan ide dan pengalaman dalam bentuk paragraf tertulis. Menulis dianggap sebagai kegiatan yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa. Masalah yang sama juga dihadapi oleh siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan bahwa para siswa menemukan kesulitan dalam menemukan ide dan menyusunnya ke dalam urutan kronologi. Untuk memecahkan masalah ini peneliti menggunakan Recount Planner untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Recount Planner adalah sebuah pola acu yang membantu siswa dalam menemukan dan menyusun ide-ide mereka dengan cara mengisi beberapa kotak yang berisi pertanyaan panduan di dalam kegiatan pre-writing. Desain dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap yang terdiri dari lima pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan) implementing (pelaksanaan) observing (pengamatan) dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini dapat dinyatakan berhasil apabila 75% siswa mencapai 10 poin dan 75% dari siswa berpartisipasi aktif di tahap pelaksanaan. Angka 75% dipilih berdasarkan hasil temuan di studi pendahuluan di mana hanya 25% siswa yang mencapai KKM 75. ditemukan juga hanya 25% siswa yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti menggunakan beberapa instrumen seperti tugas menulis lembar observasi dan catatan lapangan. Rubrik skor digunakan untuk menganalisis teks recount siswa. Setelah mendapatkan skor menulis siswa peneliti menganalisis dengan menggunakan rumus di WPS. Di sisi lain lembar observasi dianalisis dengan menjumlahkan poin indikator yang didapatkan kemudian dibagi dengan poin maksimum dan dikalikan 100%. Poin maksimum diperoleh dari jumlah nomor indikator dikalikan dengan 4. Pada Cycle 1 ada 26 (87%) dari 30 siswa yang mencapai 10 poin dan 68.6% siswa aktif berpartisipasi selama penerapan Recount Planner. Dikarenakan hasil dari lembar observasi tidak memenuhi kriteria kesuksesan peneliti melanjutkan ke Cycle 2. Pada Cycle 2 ada 27 (90%) dari 30 siswa yang mencapai 10 poin dan 84.61% aktif berpartisipasi selama penerapan Recount Planner. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Recount Planne dapat emningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Sebagai hasilnya koreksi komentar dan revisi dari guru dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount siswa dan meminimalisir kesalahan grammar dan vocabulary. Penelitian ini mengusulkan beberapa saran kepada guru Bahasa Inggris dan para peneliti selanjutnya. Hasil penelitian ini dapat memberikan model penggunaan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dan menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menarik dan bervariasi. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat berguna sebagai referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam penggunaan Recount Planner untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis berbagai jenis teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244810

Actions (login required)

View Item View Item