Developing abridged podcasts for the 10th graders of Senior High School listening skill / Dona Rahmayuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing abridged podcasts for the 10th graders of Senior High School listening skill / Dona Rahmayuanita

Rahmayuanita, Dona (2018) Developing abridged podcasts for the 10th graders of Senior High School listening skill / Dona Rahmayuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmayuanita Dona. 2018. Pengembangan Podcast Singkat untuk Kemampuan Menyimak Siswa Kelas Sepuluh. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata kunci keterampilan menyimak podcast podcast dasar podcast singkat. Belajar menyimak penting saat belajar bahasa Inggris. Menurut Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses untuk mengembangkan kompetensi komunikatif siswa mereka harus mempelajari empat keterampilan yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Namun ada beberapa kesulitan yang dihadapi para siswa di seluruh dunia saat mereka belajar menyimak seperti aksen yang tidak dikenal pelafalan kecepatan bicara kosakata yang tidak memadai aksen pembicara yang berbeda kurangnya konsentrasi kecemasan dan kualitas rekaman yang buruk. Kesulitan-kesulitan tersebut juga dialami oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Turen tempat peneliti melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan podcast singkat untuk keterampilan menyimak siswa kelas 10 sekolah menengah atas. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti memilih podcast sebagai media pengajaran karena benar-benar baru untuk siswa SMA dan hanya menyediakan audio yang berarti hampir tidak terlalu mengganggu daripada menggunakan lagu atau film. Podcast diringkas dan isinya disesuaikan dengan materi yang harus dipelajari siswa berdasarkan silabus serta dibuat lebih sederhana daripada podcast asli. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Pengembangan Penelitian Pendidikan atau R D. Peneliti mengadaptasi tahapan dari Borg dan Gall (1989) dan disederhanakan menjadi (1) Penelitian dan pengumpulan Informasi (2) Perencanaan (3) Validasi Produk (4) Revisi Produk (5) Uji Coba Produk (6) Revisi setelah Uji Coba dan (7) Produk Akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner Siswa Pedoman Wawancara Guru Catatan Lapangan Observasi Ceklis Validasi Guru dan Ahli Lembar Soal Siswa kuisioner untuk siswa dan kuisioner untuk guru. Dari hasil penelitian peneliti menemukan bahwa podcast yang dirangkai sangat membantu siswa dalam belajar menyimak. Podcast singkat membantu mereka memperkaya kosakata mereka dengan mendengarkan. Beberapa siswa juga mengatakan bahwa podcast yang dirangkai adalah media yang lebih mudah dipahami saat belajar menyimak. Peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris di Indonesia menggunakan podcast singkat ini untuk membantu siswa mereka dalam belajar menyimak tidak hanya untuk mempermudah mereka dalam mempelajari kemampuan bahasa Inggris tetapi juga untuk mempersiapkan mereka sebelum ujian akhir nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244806

Actions (login required)

View Item View Item