Implementing picture cards to improve the ability in writing descriptive texts of sevebth grader students at SMP Negeri 13 Malang / Rahmad Fitrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing picture cards to improve the ability in writing descriptive texts of sevebth grader students at SMP Negeri 13 Malang / Rahmad Fitrianto

Fitrianto, Rahmad (2018) Implementing picture cards to improve the ability in writing descriptive texts of sevebth grader students at SMP Negeri 13 Malang / Rahmad Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Fitrianto Rahmad. 2018. Penerapan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif dari Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Furaidah M.A. Pembimbing II Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M. Pd. M.A. Key words kartu gambar teks deskriptif kemampuan dalam menulis Salah satu keterampilan yang harus dipelajari oleh siswa adalah menulis. Menulis adalah proses untuk mengubah ide menjadi kalimat. Salah satu masalah paling penting dalam menulis adalah kesulitan dalam mengembangkan ide siswa menjadi kalimat. Masalah-masalah itu terjadi karena para siswa tidak dapat mengasosiasikan ide mereka dengan kosakata yang baik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dalam penulisan teks deskriptif adalah menggunakan kartu bergambar. Gambar memiliki beberapa manfaat seperti memberikan konsep yang benar konkret dan realistis. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana menerapkan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis teks deskriptif siswa kelas tujuh di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di kelas VIIE. Jumlah siswa adalah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Data diperoleh dari skor rata-rata kelompok yang lebih tinggi kelompok menengah dan kelompok bawah dalam pertemuan dua dan empat. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa 90% siswa gagal melewati standar minimum learning mastery (KKM). Skor target ditetapkan di 76 untuk kelompok yang lebih tinggi menengah dan bawah. Hasil dalam tugas 2 adalah kelompok yang lebih tinggi mendapat 82 kelompok menengah mendapat 86 dan kelompok yang lebih rendah mendapat 77. Dalam tugas 4 kelompok yang lebih tinggi mendapat 83 kelompok menengah mendapat 85 dan kelompok yang lebih rendah mendapat 83. Kesimpulannya adalah bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskriptif oleh siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan dalam mengembangkan ide tersebut. Selain itu strategi yang diterapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa terutama dalam teks deskriptif. Kepada peneliti lain penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian. Peneliti mengetahui tentang cara mengajar di kelas secara langsung dan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244793

Actions (login required)

View Item View Item