The English class of acceleration program at SMPN 1 Malang: a case study / Aan Fusi Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

The English class of acceleration program at SMPN 1 Malang: a case study / Aan Fusi Wahyuni

Wahyuni, Aan Fusi (2009) The English class of acceleration program at SMPN 1 Malang: a case study / Aan Fusi Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Aan Fusi. 2009. The English Class of Acceleration Program at SMPN 1 Malang A Case Study. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Widayati M.Ed. Kata Kunci Kelas Bahasa Inggris Program Akselerasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran bahasa Inggris pada kelas akselerasi di SMPN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII program akselerasi. Tahun pelajaran 2008/2009. Instrumen utama adalah peneliti yang dibantu oleh beberapa instrumen lain yaitu tabel observasi petunjuk wawancara kuesioner dan sejumlah dokumentasi. Data yang diperoleh diklasifikasikan menjadi empat kategori yaitu silabus RPP materi dan media pembelajaran dan metode pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti menemukan bahwa guru pengajar mata pelajaran bahasa Inggris kelas akselerasi menggunakan silabus kelas reguler sebagai pacuan untuk kemudian dimodifikasi waktunya dan dijadikan silabus untuk kelas aselerasi. RPP yang digunakan dibuat dalam bentuk modul yang pada hakikatnya tidak bisa digunakan sebagai RPP karna tidak mencantumkan banyak bagian-bagian penting sebuah RPP. Materi yang digunakan tidak hanya buku cetak saja tapi juga dengan menggunakan materi tambahan yang diambil dari majalah koran atau mengunduh dari internet. Sedangkan media yang digunakan adalah benda-benda nyata gambar dan media elektronik seperti LCD dan komputer. Metode yang digunakan variatif seperti diskusi presentasi dan kerja kelompok. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian ini meyarankan kepada guru pengajar bahasa Inggris kelas akselerasi untuk membuat silabus khusus untuk program kelas akselerasi yang tidak hanya dimodifikasi pada bagian waktunya saja. Materi-materi yang diberikan dan metode-metode yang digunakan sebaiknya berbeda dari kelas reguler untuk dapat mengakomodasi kebutuhan individu siswa-siswi kelas akselerasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244752

Actions (login required)

View Item View Item