Reinterpretasi wajah sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Satrio Lintang Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Reinterpretasi wajah sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Satrio Lintang Nugroho

Nugroho, Satrio Lintang (2018) Reinterpretasi wajah sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Satrio Lintang Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Satrio Lintang. 2018. ReinterpretasiWajahSebagai Ide Penciptaan Seni Lukis Representasional.Skripsi JurusanSenidanDesainFakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. TriyonoWidodo M.Sn. Kata Kunci ReinterpretasiWajah Ide Penciptaan SeniLukis Representasional. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang tertinggi Manusia tampil dengan keunikan bahkan dengan beragam kepribadian yang terwujud kedalam bentuk perilaku. Sangat jelas dapat diuraikan bahwa kelakuan manusia tidak hanya timbul dan ditentukan oleh sistem organik biologisnya saja melainkan sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh akal jiwanya. Wajah merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi. Melalui wajahjuga akan menuntun audiens memaknai atau memahami kepribadian hingga emosi seseorang. Disisilain wajah bisa menjadi alat mediasi antara pikiran pencipta dengan wacana konkrit lingkungan. Pemilihan wajah sebagai objek semiotik untuk mewakili dialektika peristiwa yang dialamipencipta.Karena pemaknaan kembali (reinterpretasi) wajah sebenarnya salah satu bentuk komunikasi nonverbal untuk mengetahui seseorang maupun objek atau subjek dari sebuah peristiwa. Dalam pengertian seni lukis seni lukis representasional mencakup seni abstraksi deformasi/distorsi serta stilasi. Pada penciptaan karya seni lukis inipencipta mendapatkan ide dan gagasan dari sebuah pemaknaan ulang wajah dikarenakan sebuah ketertarikan pemikiran dari pencipta mengenai lingkungan sebagai objek dan peristiwa di dalamnya dipandang sebagai subjek yang padadasarnya memiliki kompleksitas persoalan yang tidak akan ada habisnya untuk di baca.Dengan wacana diatas untuk membaca lingkungan maupun peristiwa dipilih wajah sebagai objek semiotik untuk mewakili dialektika yang akan divisualkan dan di tangkap apresiatornantinya. Metode penciptaan yang digunakan menggunakan metode Alma Hawkins yang memiliki tiga tahapan yaitu eksplorasi berupa kegiatan pengamatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan unsur tematik yang akan diangkat. Kemudian eksperimentasi berupa pembentukan beberapa rancangan yang diseleksi untuk diwujudkan dan dipakai sebagai acuan dalam penciptaan karya. Serta pembentukan berupa penerapan sketsa pada bidang kanvas. Penciptaan ini menghasilkan enam karya seni lukis representasional yang berjudul Demokrasi Ekspresi Ndhedher Kautaman My Fam Variasi Pink Subjec Metterdengan media estetik berupa titik garis bentuk dan ruang warna serta tekstur sebagai simbolisasi dari konsep. Berdasarkan hasil penciptaan diharapkan dapat memberikan pengalaman baik konsep berkarya wujudkarya proses berkarya maupun kretivitas melalui pemikiran pencipta dalam berkarya seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244607

Actions (login required)

View Item View Item