Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 1 Malang / Moh. Kholiq Abdu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 1 Malang / Moh. Kholiq Abdu

Fata, Moh. Kholiq Abdullah (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Muhammadiyah 1 Malang / Moh. Kholiq Abdu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD aktivitas kooperatif hasil belajar. Berdasarkan hasil survei dan wawancara dengan siswa dan guru KKPI di SMK Muhammadiyah 1 Malang diperoleh informasi bahwa keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar kurang optimal. Motivasi untuk belajar mandiri kurang dan siswa kurang termotivasi untuk belajar KKPI. Belajar KKPI dianggap membosankan karena banyak hafalan dan proses-proses yang rumit saat praktikum. Siswa merasa terbebani dengan banyak materi pelajaran yang diajarkan sebab selain materi sekolah pada umumnya siswa juga dibekali banyak materi tambahan praktik. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas lima tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Malang yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei dan 18 Mei 2011. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru lembar aktivitas siswa angket respon siswa soal tes dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 80% (A) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87 78% (A). Penerapan pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada skor dasar menunjukkan rata-rata total skor siswa 73 4 siklus I sebesar 75 4 dan siklus II sebesar 83 16. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada skor dasar siswa mencapai KKM sebesar 88% terjadi penurunan pada siklus I sebesar 84% dan mengalami peningkatan memuaskan pada siklus II sebesar 96%. Saran yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut (1) Guru mata pelajaran KKPI dapat menerapkan pembelajaran model STAD yang terbukti dapat meningkatkan aktivitas kooperatif siswa dan hasil belajar siswa (2) Pembelajaran model STAD diterapkan dengan kegiatan pembelajaran seperti pada saat praktikum dan belajar berkelompok (3) Pada saat berlangsung kegiatan diskusi kelompok guru hendaknya tidak membiarkan salah seorang siswa mendominasi kegiatan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item