Pengembangan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Malang / Diorani Langensari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Malang / Diorani Langensari

Langensari, Diorani (2015) Pengembangan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Malang / Diorani Langensari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Langensari Diorani. 2015. Pengembangan Paket Pelatihan Perilaku Asertif dalam Hubungan Teman Sebaya Siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata Kunci pelatihan asertif hubungan teman sebaya Dari beberapa fenomena di SMPN 9 Malang diperoleh bahwa perilaku asertif yang di miliki siswa SMPN 9 Malang cenderung rendah. Kebanyakan siswa-siswi di SMP tersebut cenderung tidak berani mengungkapkan perasaan dan pikirannya secara jujur dan terus terang kepada teman-temannya. Hal itu membuat perlunya media untuk konselor agar konselor dapat melakukan layanan bimbingan dan konseling secara maksimal. Media bantu disini adalah paket pelatihan perilaku asertif. Paket pelatihan perilaku asertif adalah suatu media bantu yang disusun untuk konselor sekolah dan siswa guna meningkatkan perilaku asertif siswa sehingga siswa dapat bersikap atau berperilaku sesuai dengan tuntutan lingkungan. Tujuan umum pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa kelas VIII di SMPN 9 Malang yang dapat membantu konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling mengenai perilaku asertif secara efektif sehingga siswa dapat menunjukkan perilaku tegas terhadap pengaruh negatif dalam hubungan teman sebaya. Tujuan khusus dalam penelitian ini yaitu dapat menghasilkan paket pelatihan perilaku asertif yang memiliki ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan sehingga dapat meningkatkan perilaku asertif siswa SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model Borg and Gall (1983) yang terdiri dari beberapa tahap antara lain (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) uji coba produk awal (5) revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji lapangan (6) melakukan uji coba lapangan terbatas dan (7) melakukan revisi produk akhir. Berdasarkan hasil pengembangan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa SMP dapat disimpulkan bahwa paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya siswa SMP berterima secara teoritis dan praktis menurut aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Hasil penelitian disarankan agar konselor sebaiknya memahami dan mempelajari langkah-langkah pelatihan dan materi dalam paket pelatihan sebelum mengaplikasikan kepada siswa. Bagi peneliti selanjutnya produk hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan paket pelatihan perilaku asertif dalam hubungan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item