Pengembangan model layanan informasi dengan menggunakan situs jejaring sosial facebook dan twitter bagi siswa sekolah menengah atas / Novi Rosita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model layanan informasi dengan menggunakan situs jejaring sosial facebook dan twitter bagi siswa sekolah menengah atas / Novi Rosita Rahmawati

Rahmawati, Novi Rosita (2014) Pengembangan model layanan informasi dengan menggunakan situs jejaring sosial facebook dan twitter bagi siswa sekolah menengah atas / Novi Rosita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Novi Rosita. 2014. Pengembangan Model Layanan Informasi dengan Menggunakan Situs Jejajring Sosial Facebook dan Twitter bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata kunci Layanan informasi Facebook Twitter Layanan informasi merupakan suatu kegiatan yang dipandang bermanfaat bagi siswa melalui komunikasi langsung maupun melalui media. Media yang digunakan dapat berupa papan bimbingan leaflet atau menggunakan layanan internet. Sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman yang mengarah pada perkembangan teknologi maka layanan informasi dapat dikemas secara lebih efektif dengan menggunakan media sosial yaitu melalui Facebook dan Twitter. Facebook dan Twitter merupakan situs jejaring sosial yang sampai saat ini masih di idolakan oleh siswa SMA. Layanan bimbingan klasikal yang terbatas hanya satu jam pelajaran setiap satu minggu membuat beberapa informasi yang dibutuhkan oleh siswa tidak dapat tersampaikan secara optimal. Kebutuhan siswa yang beragam dan informasi yang update setiap harinya membuat pemberian layanan informasi secara klasikal kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pemberian layanan informasi bimbingan menggunakan Facebook dan Twitter. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu sebagai berikut (1) tahap persiapan pengembangan tahap ini meliputi studi pendahuluan dan identifikasi kebutuhan siswa (2) tahap penyusunan produk tahap ini meliputi pembuatan buku panduan layanan informasi Bimbingan Konseling melalui Faebook dan Twitter penyusunan materi pembuatan akun Facebook dan Twitter (3) tahap validasi produk meliputi uji ahli materi uji ahli media uji praktisi uji kelompok kecil revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket uji coba produk. Kegiatan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif (kategori) untuk data verbal. Sedangkan data berupa angka menggunakan teknik analisis deskriptif (mean). Hasil validasi produk menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa materi layanan informasi yang diunggah pada Facebook dan Twitter dinilai sangat berguna sangat mudah sangat tepat dan cukup menarik. Sedangkan pada buku panduan untuk konselor memiliki penilaian sangat berguna sangat mudah cukup tepat dan cukup menarik. Dapat disimpulkan bahwa materi layanan informasi yang diunggah pada Facebook dan Twitter serta buku panduan Layanan Informasi BK melalui Facebook dan Twitter untuk konselor telah memenuhi persyaratan keberterimaan dalam kategori kegunaan kemudahan ketepatan dan kemenarikan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Facebook dan Twitter dapat dijadikan sebagai media penyampaian layanan informasi bimbingan. Adanya feedback dari sejumlah teman di Facebook dan Twitter menambah nilai keberterimaan dari materi yang sudah disajikan pada Facebook dan Twitter. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan (1) Konselor dapat mengoptimalkan Facebook dan Twitter sebagai media pemberian informasi (2) Perlu diadakan uji lapangan dalam skala besar dan diperluas populasinya untuk SMA se-Kota Malang (3) Diadakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan pemberian layanan informasi melalui situs jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item